Fatimah, Siti (2022) Penerapan model pembelajaran bertukar pasangan dalam meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SD Negeri 123 Hutabargot Dolok. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720500112.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran bertukar pasangan pada pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di kelas IV SD Negeri 123 Hutabargot Dolok karena salah satu model yang dapat menciptakan suasana menyenangkan dalam belajar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran bertukar pasangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SD Negeri 123 Hutabargot Dolok. Adapun tujuan penelitian: untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan penerapan model pembelajaran bertukar pasangan terhadap hasil belajar siswa kelas IV dalam meningkatkan hasil belajar dengan materi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor dan manipulatif pada mata pelajaran PJOK. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Room Action Research) yang dilakukan dengan dengan metode 2 siklus. Sumber datanya adalah siswa kelas IV SD Negeri 123 Hutabargot Dolok yang berjumlah 21 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dalam bidang pendidikan yang bersifat refleksi dengan melakuakan tindakan-tindakan tertentu didalam kawasan kelas dengan tujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran secara baik. Dari hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran bertukar pasangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor dan manipulatif di kelas IV SD Negeri 123 Hutabargot Dolok dengan memperoleh nilai rata-rata yaitu: siklus I pertemuan 1 61,9% pertemuan 2 67,8%, siklus II pertemuan 1 77,1% peretemuan 2 80,7%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran bertukar pasangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran pendiidkan jasmani olahraga dan kesehatan di kelas IV SD Negeri 123 Hutabargot Dolok.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Asnah, M.A. dan Nursyaidah, M.Pd. |
Keywords: | Model pembelajaran bertukar pasangan; Hasil belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 08:53 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 02:45 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8003 |
Actions (login required)
View Item |