Aisyah, Siti (2022) Poblematika pembelajaran IPA di SD Negeri 200515 Perumnas Pijorkoling Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720500086.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian adalah bahwa proses pelaksanaan pembelajaran IPA sudah dilaksanakan semaksimal mungkin. Diantaranya adalah penyediaan sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran IPA, tetapi tidak menutup kemungkinan di lapangan bahwa masih ada guru yang kurang mampu memanfaatkan sarana dan prasarana yang telah disediakan oleh pihak sekolah. Akibatnya peserta didik kurang memahami dan menerima pelajaran dengan baik sehingga tidak dapat mengaplikasikan dalam kehidupannya sehari-hari. kurang lengkapnya sarana prasarana yang ada di sekolah, sehingga saat praktek IPA di sekolah media yang dibutuhkan untuk praktek kurang memadai. Pendekatan dalam pembelajaran masih kurang dikuasai. Guru lebih banyak menempatkan peserta didik sebagai objek dan bukan sebagai subjek didik. Dan peserta didik cenderung kurang paham jika hanya dijelaskan dengan teori saja tanpa ada praktek. Tujuan untuk menggali informasi lebih lanjut terkait dengan problematika pembelajaran IPA yang terjadi di SD dan untuk memperbaiki pembelajaran di sekolah khususnya di SD Negeri 200515 Perumnas Pijorkoling Kota Padangsidimpuan. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 200515 Perumnas Pijorkoling Kota Padangsidimpuan, apa saja Problematika Pembelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 200515 Perumnas Pijorkoling Kota Padangsidimpuan, bagaimana solusi dalam Mengatasi Problematika Pembelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 200515 Perumnas Pijorkoling Kota Padangsidimpuan. Tujuan penelitian untuk mengetahui Pelaksanaan Pembelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 200515 Perumnas Pijorkoling Kota Padangsidimpuan, untuk Untuk mengetahui Problematika Pembelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 200515 Perumnas Pijorkoling Kota Padangsidimpuan, Mendeskripsikan Solusi dalam Mengatasi Problematika Pembelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 200515 Perumnas Pijorkoling Kota Padangsidimpuan. Metodologi yang digunakan penelitian ini adalah kualitatif. Tehnik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik pengelolahan analisis data melalui tiga tahap, yaitu Data Reduction (reduksi data), penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dan data tehnik penjamin keabsahan data adalah menggunakan teknik triangulasi. Teknik triangulasi adalah teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan di luar data yang diperoleh untuk keperluan pengecekan sebagai perbandingan. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa problematika dalam pembelajaran IPA di SD Negeri 200515 Perumnas Pijorkoling Kota Padangsidimpuan. Adalah kondisi siswa pada saat pembelajaran berlangsung siswa mengantuk, dan tidak konsen sehingga siswa tidak mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Sarana pembelajaran yang digunakan guru saat mengajar berupa rol panjang dan buku tematik, guru menguasai materi tetapi guru tidak menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, guru tidak mengkaitkan pembelajaran dengan kondisi kehidupan sehari hari, dan dengan melibatkan beberapa media yang dapat membuat siswa tidak jenuh dan mampu memahami dalam pembelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lelya Hilda, M.Si. dan Syafrilianto, M.Pd. |
Keywords: | Problematika; Pembelajaran IPA |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 08:16 |
Last Modified: | 10 Dec 2022 07:49 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7997 |
Actions (login required)
View Item |