Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model cooperative learning pada pembelajaran tematik dalam meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas V MIN 3 Labuhanbatu Utara

Sahmiati, Sahmiati (2022) Penerapan model cooperative learning pada pembelajaran tematik dalam meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas V MIN 3 Labuhanbatu Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720500033.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik kelas V MIN 3 Labuhanbatu Utara. Penyebabnya yaitu siswa kurang merespon guru yang sedang mengajar di depan kelas dan menganggap bahwa pembelajara tematik adalah pembelajaran yang sedikit rumit dipahami jika diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional dengan cara ceramah. Kemudian di dalam proses belajar mengajar guru jarang menyuruh siswa untuk belajar kelompok atau diskusi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik melalui model pembelajaran Cooperative Learning di kelas V MIN 3 Labuhanbatu Utara, bagaimana respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Cooperative Learning pada pembelajaran tematik subtema pentingnya udara bersih bagi pernapasan di kelas V MIN 3 Labuhanbatu Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik melalui model pembelajaran Cooperative Learning di kelas V MIN 3 Labuhanbatu Utara, untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Cooperative Learning pada pembelajaran tematik subtema pentingnya udara bersih bagi pernapasan di kelas V MIN 3 Labuhanbatu Utara. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di setiap siklus meningkat. Pada tes awal nilai rata-rata siswa yaitu 63,5 (35%), kemudian pada siklus 1 pertemuan 1 nilai rata-rata siswa 64,5 (40%) dan pada pertemuan II menjadi 68,5 (45%), pada siklus II pertemuan I nilai rata-rata siswa dari 75 (50%) menjadi 84 (85%) di pertemuan II. Adapun respon siswa terhadap penerapan model Cooperative Learning dalam proses pembelajaran yaitu siswa sangat suka karena dapat menumbuhkan minat dalam belajar dan dapat menuntun siswa untuk menemukan minat dalam belajar dan dapat menuntut siswa untuk menemukan konsep sendiri. Kesimpulannya yaitu berdasarkan hasil tes belajar siswa yang dilakukan dari siklus I sampai siklus II dengan penerapan model Cooperative Learning pada pembelajaran tematik dapat menigkatkan hasil belajar siswa kelas V MIN 3 Labuhanbatu Utara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Agus Salim Daulay, M.Ag. dan Maulana Arafat Lubis, M.Pd.
Keywords: Model cooperative learning; Hasil belajar; Pembelajaran tematik
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 04 Jul 2022 07:55
Last Modified: 06 Dec 2022 02:44
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7994

Actions (login required)

View Item View Item