Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran make a match untuk siswa Kelas VI Di SD Negeri 196 Manambin Kecamatan Kotanopan

Asminayanti, Asminayanti (2022) Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran make a match untuk siswa Kelas VI Di SD Negeri 196 Manambin Kecamatan Kotanopan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720500030.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak hal yang dapat menghambat hasil belajar Matematika siswa. Salah satu faktornya yaitu kurang antusiasnya siswa dalam kegiatan pembelajaran, kurangnya metode dan penggunaan model pembelajaran yang digunakan guru serta rendahnya minat siswa dalam belajar. Hal ini dapat kita lihat berdampak pada hasil belajar Matematika siswa yang kurang memuaskan dan masih jauh dari apa yang diharapkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Make a Match Untuk Siswa kelas VI Di SD Negeri Manambin Kecamatan Kotanopan? Sehingga yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Make a Match Untuk Siswa kelas VI Di SD Negeri Manambin Kecamatan Kotanopan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar Matematika siswa pada pembelajaran Matematika di setiap siklus meningkat. Pada tes awal nilai rata-rata siswa yaitu 47,5 (40%), kemudian pada siklus I nilai rata-rata siswa dari 65, 5 (45%) menjadi 67,5 (50%), pada siklus II dari 75 (55%) menjadi 86 (90%). Adapun respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dalam proses pembelajaranya itu siswa sangat suka karena dapat menumbuhkan minat dalam belajar sekaligus dapat mengembangkan semangat siswa untuk belajar. Kesimpulannya yaitu hasil belajar Matematika siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada pembelajaran Matematika Untuk Siswa kelas VI Di SD Negeri 196 Manambin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd. dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd.
Keywords: Model kooperatif tipe make a match; Hasil belajar matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 04 Jul 2022 07:50
Last Modified: 10 Dec 2022 04:53
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7993

Actions (login required)

View Item View Item