Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 019 Bonan Dolok Kabupaten Mandailing Natal

Afrina, Evi (2022) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 019 Bonan Dolok Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720500028.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa SD Negeri 019 Bonan Dolok Kabupaten Mandailing Natal. Hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal yaitu 75, sehingga hasil belajar perlu ditingkatkan. Penerapan metode pembelajaran yang kurang menarik merupakan salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu perlu penerapan metode pembelajaran yang menyenangkan agar siswa lebih berminat dan termotivasi untuk belajar sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Adapun rumusan masalah dalam penelitian adalah penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 019 Bonan Dolok Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA dengan menggunakan metode pembelajarann demonstrasi. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang berkolaborasi dengan guru kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 019 Bonan Dolok Kabupaten Mandailing Natal yang berjumlah 29 siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari : perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah butir soal tes hasil belajar kognitif dan lembar observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan dengan penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada pra siklus jumlah siswa yang tuntas sebanyak 11 siswa dengan persentase 37.93% dan nilai rata-rata kelaspa 64,82. Pada siklus I pertemuan I hasil belajar siswa meningkat yaitu nilai rata-rata siswa menjadi 70.17 ( 15 siswa) dengan persentase 51.72%. Kemudian pada pertemuan II peningkatan nilai rata-rata siswa menjadi 74.48 (20 siswa) dengan persentase 68.96 %. Pada siklus II pertemuan I nilai rata-rata siswa menjadi 79.13 (22 siswa) dengan persentase 7.86 %. Pada siklus II pertemuan II nilai rata-rata siswa 8.68 (25 siswa) dengan persentase 86.20%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ali Asrun Lubis, S.Ag., M.Pd. dan Syafrilianto, M.Pd.
Keywords: Hasil belajar; Metode demonstrasi; Pembelajaran IPA
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 04 Jul 2022 05:05
Last Modified: 31 Dec 2022 02:43
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7991

Actions (login required)

View Item View Item