Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran bahasa indonesia dengan menggunakan strategi critical incident di SDN 100603 Sidadi II Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan

Ami, Yolanda Putri (2022) Meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran bahasa indonesia dengan menggunakan strategi critical incident di SDN 100603 Sidadi II Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720500019.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia disebabkan karena kurangnya strategi pembelajaran yang bervariasi, siswa kurang memahami materi pembelajaran sehingga perlu digunakan perubahan dalam melaksanakan pembelajaran di kelas, salah satunya dengan menggunakan strategi pembelajaran critical incident sehingga siswa lebih meahami materi pembelajaran dan motivasi belajar siswa diharapkan meningkat. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri 100603 Sidadi II Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan. rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah straregi pembelajaran Critical Incident dapat meningkatkan motivasi belajara pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V SDN 100603 Sidadi II Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan untuk memperbaiki keadaan suatu objek, dimana pada penelitian ini yang menjadi objek adalah siswa kelas V SDN 100603 Sidadi II Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan yang berjumlah 20 orang siswa yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. strategi critical incident. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus diisi dengan dua kali pertemuan. Pada setiap akhir pertemuaan pada setiap siklus peneliti memberikan angket motivasi belajar untuk melihat peningkatan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dengan menggunakan strategi critical incident dapat meningkat. Motivasi belajar Pada pembelajaran bahasa indonesia pada materi teks nonfiksi mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Motivasi belajar pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 74,9 dengan persentase ketuntasan 74%. Selanjutnya motivasi belajar pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa 84,1 dengan persentase 84%. Dengan peningkatan yang diperoleh, maka siklus dihentikan sampai siklus II. Jadi dapat dilihat bahwa ada peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran critical incident pada materi menulis teks nonfiksi di kelas V SDN 100603 Sidadi II Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Erna Ikawati, M.Pd. dan Nursyaidah, M.Pd.
Keywords: Motivasi belajar; Strategi pembelajaran critical incident
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 04 Jul 2022 04:58
Last Modified: 06 Dec 2022 02:12
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7990

Actions (login required)

View Item View Item