Rahmadani, Anggi (2022) Peningkatan kreativitas belajar siswa melalui penerapan model project based learning (PjBL) dengan metode eksperimen dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam di Kelas V MIN 1 Kota Padangsdimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720500015.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kreativitas belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas V MIN 1 Padangsidimpuan. Salah satu penyebabnya adalah guru belum menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan metode eksperimen sehingga siswa belum memiliki kemampuan untuk mengembangkan dan memerinci suatu ide atau gagasan, juga belum mampu menyatakan pendapat secara spontan dan tidak malu-malu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui penerapan model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) dengan metode eksperimen dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas V MIN 1 Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) dengan metode eksperimen di kelas V MIN 1 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan menggunakan dua siklus yaitu siklus I dengan dua pertemuan dan siklus II dengan dua pertemuan. Dalam penelitian ini, peneliti berperan sebagai guru sedangkan teman sejawat berperan sebagai observer. Instrument yang digunakan yaitu observasi dan tes yaitu berbentuk Essay Test. Subjek penelitian ini adalah siswa MIN 1 Padangsidimpuan tahun ajaran 2020/2021 yang terdiridari 44 siswa. Hasil penelitian yang telah dilakukan di MIN 1 Padangsidimpuan, diperoleh peningkatan. Peningkatan ini dilihat dari hasil tes unjuk kerja dari siklus I, siklus II mencapai nilai rata-rata dan ketuntasan kreativitas. Pada pra siklus persentase hasil tes kegiatan pembelajaran pada kategori cukup kreatif yaitu 67,9%, kemudian meningkat pada siklus I pertemuan I persentase hasil tes kegiatan pembelajaran pada kategori cukup kreatif yaitu 69,9%. Kemudian meningkat pada siklus I pertemuan II kategori kreatif yaitu 73,8%. Selanjutnya pada siklus II pertemuan I berada pada ketegori kreatif yaitu 78,2% dan pada siklus II pertemuan II dengan kategori sangat kreatif yaitu 82,6%. Jadi dapat dilihat bahwa ada peningkatan kreativitas belajar siswa dengan menggunakan model Project Based Learning dengan metode eksperimen di kelas V MIN 1 Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Almira Amir, M.Si. dan Syafrilianto, M.Pd. |
Keywords: | Kreativitas belajar; Model project based learning; Metode eksperimen; Pembelajaran ilmu pengetahuan alam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 04:48 |
Last Modified: | 10 Dec 2022 05:03 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7989 |
Actions (login required)
View Item |