Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Sejarah pendidikan Pondok Pesantren Darussalam Parmeraan

Rambe, Susi Santiana (2022) Sejarah pendidikan Pondok Pesantren Darussalam Parmeraan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720100191.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Dalam mengahadapi tantangan zaman, pondok pesantren harus memiliki identitas yang dapat dijadikan modal utama dalam mendidik para santrinya, dan memiliki perencanaan agar dapat mempertahankan tradisi-tradisi yang ada didalamnya. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan oleh beberapa pesantren yang ada di kecamatan Dolok yang mampu berdiri kokoh hingga saat ini. Namun untuk kajian ini akan terfokus pada pesantren yang ada di Kecamatan Dolok khusunya Desa Parmeraan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana sejarah berdirinya pondok pesantren Darussalam Parmeraan, bagaimana sistem pendidikan di pondok pesantren Darussalam Parmeraan, dan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat perkembangan pondok pesantren Darussalam Parmeraan. Sejalan dengan rumusan masalah tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejaran berdirinya pesantren, untuk mengetahui sistem di pesantren dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat perkembangan pesantren. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu sebagai sebuah penelitian sejarah maka metode histori yang digunakan dalam menguji dan mengkonstruksi peristiwa-peristiwa masa lalu berdasarkan data yang diperoleh dan sikumpulkan unttuk mencapai penyusunan yang sistematis dan teruji kredibilitasnya. Dan juga menggunakan penelitian lapangan dengan terjun kelapangan dengan objek penelitian. Hasil penelitian mennunjukkan bahwa Podok Pesantren Darussalam Parmeraan berdiir pada tahun 1984, didirikan oleh K. H. Abdul Efendi Ritonga, BA, yang awalnya pesantre bertempat di pinggiran desa parmeraan dan di pindahkan ke perbukitan Lobu Naginjang. Sistem pendidikan yang awalnya sistem tradisional hingga mampu beradaptasi dengan perkembangan yang ada tanpa menghilangkan identitas tradisonalnya. Faktor pendukung dan faktor penghambatnya dapat dilihat dari faktor internal dan faktor eksternalnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr H. Darwis Dasopang, M.Ag. dan Muhammad Yusuf Pulungan, M.A.
Keywords: Sejarah; Pendidikan; Pondok pesantren
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2202 History and Philosophy of Specific Fields > 220202 History and Philosophy of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 04 Jul 2022 02:21
Last Modified: 10 Dec 2022 08:28
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7976

Actions (login required)

View Item View Item