Hasibuan, Juhriah (2022) Implementasi pembelajaran PAI dalam membentuk nilai-nilai religius pada siswa di SMP Negeri 3 Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720100074.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Adapun latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah karena kemerosotan moral yang terjadi salah satunya disebabkan karena lemahnya pendidikan agama Islam. Guru sudah berusaha untuk mengimplementasikan nilai-nilai religius kepada siswa. Walaupun banyak siswa yang tidak melaksanakan apa yang sudah di terapkan oleh guru. Seperti halnya dalam pelaksanaan sholat, guru PAI sudah berusaha untuk menerapkan kegiatan sholat 5 waktu dengan cara menggunakan buku penghubung yang di tanda tangani langsung oleh orangtua siswa. Akan tetapi tidak banyak dari siswa yang melakukan kecurangan ataupun manipulasi terhadap tanda tangan orangtuanya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana implementasi pembelajaran PAI dalam membentuk nilai-nilai religius pada siswa, bagaimana metode pembelajaran PAI dalam membentuk nilai-nilai religius pada siswa dan apa saja kendala yang ditemui guru dalam membentuk nilai religius pada siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan dengan menggunakan metode deskriptif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan secara sistematis fakta dan objek yang diteliti sesuai dengan apa adanya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi dan wawancara. Adapun teknik analisis data yang dilakukan dengan proses mencari dan menyusun urutan data secara sistematis dari data yang diperoleh dan hasil wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran PAI dalam membentuk nilai-nilai religius pada siswa di SMP Negeri 3 Angkola Timur adalah pertama, pengawasan bersama dengan orangtua dalam hal pelaksaan sholat. Kedua, pembiasaan berbagi/berinfak. Ketiga, pembiasaan bertutur kata yang baik. Keempat, menguatkan nilai-nilai toleransi antar umat beragama. Metode yang digunakan guru dalam membentuk nilai-nilai religius siswa di SMP Negeri 3 Angkola Timur yaitu dengan menggunakan metode ceramah, metode tanya jawab, metode pembiasaan dan metode keteladanan. Kendala yang ditemui dalam membentuk nilai-nilai religius pada siswa yaitu: kurangnya pelatihan dan praktik materi pendidikan agama Islam, dan kurangnya dukungan orang tua dalam membentuk nilai religius siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Irwan Saleh Dalimunthe, M.A. dan Ali Asrun Lubis, M.Pd. |
Keywords: | Implementasi pembelajaran PAI; Nilai-nilai religius |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 30 Jun 2022 09:08 |
Last Modified: | 02 Dec 2022 01:44 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7968 |
Actions (login required)
View Item |