Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Determinan keputusan memilih produk Telkomsel

Nasution, Emeli Andri Ansi (2022) Determinan keputusan memilih produk Telkomsel. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1640200212.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

PT. Telkomsel merupakan salah satu perusahaan operator telekomunikasi terbesar di Indonesia dengan keunggulan jaringannya yang luas sehingga menjangkau daerah-daerah terpencil. Kualitas produk yang bagus dapat mempertahankan konsumen agar tetap memilih produk telkomsel. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan memilih produk telkomsel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi secara parsial dan simultan terhadap keputusan memilih produk telkomsel pada masyarakat Lingkungan I Kelurahan Timbangan, Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan ilmu pengantar bisnis. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang berkaitan dengan keputusan pembelian, kualitas produk, harga, dan promosi. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 59 responden dengan menggunakan rumus slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sumber data yaitu data primer, dan pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Teknik Analis data yang digunakan adalah uji validitas, uji realibitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji koefisien determinasi, uji t, uji f, analisis regresi berganda, menggunakan aplikasi SPPS versi 23. Hasil penelitian uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas produk dan variabel harga berpengaruh terhadap keputusan memilih produk telkomsel pada masyarakat Lingkungan I Kelurahan Timbangan, Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan dan tidak ada pengaruh variable promosi terhadap keputusan memilih produk telkomsel pada masyarakat Lingkungan I Kelurahan Timbangan, Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan. Sementara secara silmultan kualitas produk, harga dan promosi berpengaruh terhadap keputusan memilih produk telkomsel pada masyarakat Lingkungan I Kelurahan Timbangan, Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Darwis Harahap, S.H.I., M.Si. dan Nurul Izzah, M.Si.
Keywords: Kualitas produk; Harga; Promosi; Keputusan pembelian
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 30 Jun 2022 04:07
Last Modified: 30 Nov 2022 08:24
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7956

Actions (login required)

View Item View Item