Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Determinan keputusan pembelian kopi ulu pungkut (studi kasus Masyarakat Desa Kayu Laut)

Lubis, Anna Aisah (2021) Determinan keputusan pembelian kopi ulu pungkut (studi kasus Masyarakat Desa Kayu Laut). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1640200142.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Produk kopi yang dijual di pasaran jumlahnya banyak yang menjadi pesaing kopi Ulu Pungkut dengan penawaran harga yang sama sehingga sebagian besar masyarakat desa Kayu Laut tidak mengonsumsi kopi Ulu Pungkut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah faktor pribadi, faktor sosial dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian kopi Ulu Pungkut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor pribadi, faktor sosial dan harga secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian kopi Ulu Pungkut. Manfaat penelitian ini adalah bagi peneliti, peniliti selanjutnya, KSU koperasi mandailing jaya. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan keputusan pembelian, faktor pribadi, faktor sosial dan harga. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori berkaitan dengan keputusan pembelian, faktor pribadi, faktor sosial dan harga. Teori yang digunakan keputusan pembelian adalah pemilihan suatu tindakan atau dari dua atau lebih alternatif, keputusan yang melibatkan persepsi terhadap kualitas, nilai dan harga. Teori yang digunakan faktor pribadi dalam mengambil keputusan untuk membeli produk dipengaruhi oleh usia, situasi ekonomi, dan gaya hidup. faktor sosial merupakan pengambilan keputusan yang dipengaruhi lingkungan sekitar yakni kelompok rujukan, keluarga, serta peran dan status. Harga adalah nilai suatu produk yang diukur dengan uang, dimana berdasarkan nilai tersebut penjual atau produsen bersedia melepas barang/jasa yang dimilikinya kepada pihak lain dengan memperoleh keuntungan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 69 sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara, dan kuesioner. Uji data yang digunakan yaitu: uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, multikolinearitas, heterokedastisitas, analisis regresi linear berganda, koefisien determinan R2, uji parsial (uji t), uji simultan (uji F). Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat pengaruh faktor pribadi terhadap keputusan pembelian kopi Ulu Pungkut. Tidak terdapat pengaruh faktor sosial terhadap keputusan pembelian kopi Ulu Pungkut. Terdapat pengaruh harga terhadap keputusan pembelian kopi Ulu Pungkut. Namun, pengaruh faktor pribadi, faktor sosial, dan harga berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian kopi Ulu Pungkut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Arbanur Rasyid, M.A. dan Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd.
Keywords: Faktor pribadi; Faktor sosial; Harga; Keputusan pembelian
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 30 Jun 2022 03:44
Last Modified: 30 Nov 2022 08:26
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7953

Actions (login required)

View Item View Item