Nurhasanah, Nurhasanah (2021) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan persamaan garis lurus di Kelas VIII MTs. Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620200069.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari kurangnya motivasi belajar matematika siswa khususnya siswa kelas VIII di MTs. Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan. Hal itu terlihat pada saat proses pembelajaran berlangsung siswa terlihat pasif dan bosan, ini dibuktikan pada saat guru bertanya pada siswa tentang pelajaran yang diajarkan siswa hanya diam dan tidak member tanggapan. Sehingga kurangnya motivasi juga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa terutama pada pelajaran matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana motivasi dan hasil belajar materi persamaan garis lurus di kelas kontrol dan eksperimen, apakah ada pengaruh yang signifikan antara model Model Pembelajaran STAD terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Persamaan garis Lurus di Kelas VIII di MTs. Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan. Rumusan masalah ini merupakan tujuan dalam penelitian ini. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII di MTs. Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, yang dibuktikan dengan hasil yang diperoleh untuk variabel motivasi t_hitung = 3,45 > t_tabel = 2,154. Hasil yang diperoleh untuk variabel hasil belajar t_hitung = 7,72 > t_tabel = 2,154. Dengan demikian diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran STAD terhadap motivasi dan hasil belajar Matematika pada pokok bahasan persamaan garis lurus Kelas VIII di MTs. Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si. M.Pd. dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd. |
Keywords: | Model pembelajaran STAD; Motivasi belajar; Hasil belajar; Persamaan garis lurus |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 30 Jun 2022 02:07 |
Last Modified: | 10 Dec 2022 02:26 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7943 |
Actions (login required)
View Item |