Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Determinan kepuasan pengunjung objek wisata Kaisar Water Boom

Siregar, Ahmad Darmaji (2022) Determinan kepuasan pengunjung objek wisata Kaisar Water Boom. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1540200232.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah harga tiket masuk objek wisata Kaisar Water Boom yang cukup mahal dibandingkan dengan objek wisata lain yang ada di Kota Padangsidimpuan. Namum pengunjung objek wisata Kaisar Water Boom lebih banyak dibandingkan dengan objek wisata air lainnya yang ada di Kota Padangsidimpuan. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh harga dan dan lokasi secara parsial dan simultan terhadap kepuasan pengunjung objek wisata Kaisar Water Boom. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga dan lokasi secara parsial dan simultan terhadap kepuasan pengunjung objek wisataKaisar Water Boom. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu perilaku konsumen. Kepuasan pengunjung merupakan penilaian dari pengunjung atas penggunaan barang atau jasa dibandingkan dengan harapan sebelum penggunaanya. Harga ialah sejumlah uang yang dibutuhkan untuk dapat menikmati barang ataupun jasa. Lokasi merupakan tempat dimana perusahaan melakukan kegiatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data diperoleh dengan menyebarkan angket kepada 99 responden. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, ujia reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik (uji multikolinieritas dan uji heterokedastisitas), uji regresi linier berganda, dan uji hipotesis (uji koefisien determinasi, uji parsial, uji simultan). Hasil penelitian secara R square besar 0,232 atau 23,2%. Hal ini menjelaskan bahwa variabel harga dan lokasi memberikan pengaruh sebesar 23,2% terhadap kepuasan pengunjung kaisar Water Boom sedangkan 76,8% dipengaruhi oleh variabel lain. Secara parsial (uji t) harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung objek wisata Kaisar Water Boom. Lokasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung objek wisata Kaisar Water Boom Secara simultan (uji F) harga dan lokasi berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap kepuasan pengunjung objek wisata Kaisar Water Boom.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, S.T., M.M. dan Rodame Monitorir Napitupulu, M.M.
Keywords: Harga; Kepuasan pengunjung; Lokasi
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150602 Tourism Forecasting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150603 Tourism Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 29 Jun 2022 04:04
Last Modified: 25 Nov 2022 09:55
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7933

Actions (login required)

View Item View Item