Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh citra merek dan kepribadian duta merek terhadap keputusan pembelian produk Bolu Salak Kenanga Padangsidimpuan

Aulia, Nurjannah (2022) Pengaruh citra merek dan kepribadian duta merek terhadap keputusan pembelian produk Bolu Salak Kenanga Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1540200222.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Bolu Salak Kenanga Padangsidimpuan merupakan salah satu dari sekian banyak usaha-usaha di kota Padangsidimpuan yang bergerak dalam bidang makanan yaitu kue bolu berbahan dasar salak. Bolu Salak Kenanga Padangsidimpuan juga satu-satunya usaha bolu di Padangsidimpuan yang memakai jasa duta merek. Bolu Salak Kenanga Padangsidimpuan juga menjadi salah satu pusat oleh-oleh Angkola Mandailing dengan bahan utama yaitu Salak yang menjadi salah satu buah yang cukup terkenal sekaligus icon kota Padangsidipuan. Dalam penelitian ini yang di dasari oleh latarbelakang masalah peneliti membahas tentang keputusan pembelian dengan pendekatan menggunakan citra merek dan kepribadian duta merek. Penelitian ini menggunakan teori-teori yang berkaitan dengan citra merek, kepribadian duta merek dan keputusan pembelian. Dimana citra merek adalah bagaimana persepsi suatu konsumen menganggap atau menilai merek suatu perusahaan secara aktual, seperti tercermin dalam asosiasi yang terjadi dalam memori konsumen. Kemudian kepribadian duta merek adalah sebagai suatu alat yang digunakan oleh perusahaan untuk berkomunikasi dan terhubung dengan masyarakat tentang bagaimana mereka benar-benar meningkatkan penjualan. Sementara keputusan pembelian adalah dimana konsumen mencari informasi tentang perusahaan atas produk yang dibuat serta mengevaluasi seberapa baik masing-masing alternatif tersebut dapat memecahkan masalahnya. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sampel sebanyak 69 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner beurpa angket. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, uji determinasi R dan uji regresi linear berganda. Hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial ada pengaruh citra merek dan kepribadian duta merek terhadap keputusan pembelian produk Bolu Salak Kenanga Padangsidimpuan. Dan pada uji simultan menunjukkan bahwa citra merek dan kepribadian duta merek berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian produk Bolu Salak Kenanga Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, S.T., M.M. dan Rodame Monitorir Napitupulu, M.M.
Keywords: Citra merek; Kepribadian duta merek; Keputusan pembelian
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services > 150401 Food and Hospitality Services
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 29 Jun 2022 03:57
Last Modified: 07 Dec 2022 01:35
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7932

Actions (login required)

View Item View Item