Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis strategi pemasaran usaha tenun Yanti Ulos di Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan

Siregar, Susti Marni (2022) Analisis strategi pemasaran usaha tenun Yanti Ulos di Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1540200158.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Usaha Tenun Yanti Ulos ialah usaha yang memproduksi kain tenun yang dapat dijadikan sebagai bahan dasar baju, rok, selendang, ulos adat, dan baju pada acara adat. Rumusan masalah penelitian ini ialah bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh Usaha Pertenunan Yanti Ulos dalam meningkatkan usaha?. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana strategi dalam pemasaran Usaha Pertenunan Yanti Ulos. Pembahasa pada penelitian ini berkaitan dengan strategi pemasaran Usaha Tenun Yanti Ulos dengan menggunakan analisis SWOT (strength, weakness, opportunity, dan treath), pemasaran syariah, serta matriks SWOT yang terdiri dari strategi S-O, strategi W-O, strategi S-T, strategi W-T. Perusahaan harus memilih strategi yang tepat dalam memggambarkan peluang dan ancaman yang dihadapi, oleh karena itu analisis SWOT merupakan strategi yang tepat dalam mengambil keputusan sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai. Penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah bagian yang berhubungan dengan pembuatan dan pemasaran produk kerajinan tenun. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisis datanya yaitu menggunakan analisis matriks IFE, matriks EFE, dan matriks SWOT. Berdasarkan hasil penelitian tang dilakukan peneliti dapat diketahui total skor dari matriks IFE yaitu 2.72, sedangkan total nilai skor yang diperoleh dari matriks EFE yaitu 2,75. Berdasarkan hasil analisis SWOT, dengan strategi SO meningkatkan serta mempertahankan kualitas produk agar masyarakat tertarik pada produk kerajinan tenun, memiliki hubungan yang baik dengan pemasok. Strategi WO memperluas jaringan pemasaran dengan memanfaatkan internet/teknologi informasi, membuat persediaan bahan baku karena tidak tersedia di lokal. Strategi ST meningkatkan serta memperluas jaringan pemasaran untuk mempengaruhi pelanggan dalam membeli produk kain tenun, memberikan pelayanan yang baik kepada para pelanggan. Strategi WT tanggap dalam menghadapi masalah perusahaan, mempunyai website untuk promosi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Kamaluddin, M.Ag. dan Rodame Monitorir Napitupulu, M.M.
Keywords: Analisis; Strategi pemasaran; SWOT
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 29 Jun 2022 03:42
Last Modified: 25 Nov 2022 09:41
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7930

Actions (login required)

View Item View Item