Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran kooperatif think pair share terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi fungsi kuadrat di Kelas X SMA Negeri 1 Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas

Pulungan, Nur Aliyah (2022) Pengaruh model pembelajaran kooperatif think pair share terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi fungsi kuadrat di Kelas X SMA Negeri 1 Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1520200057.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Siswa mengalami hambatan belajar akibat kurangnya minat belajar siswa, kurangnya pemahaman terhadap pembelajaran fungsi kuadrat, pembelajaran matematika yang dilakukan selama ini kurang memberikan kesempatan kepada siswa dalam mengemukakan ide dan gagasan sehingga hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu guru harus mampu menggunakan model pembelajaran yang dapat meminimalisir ataupun mengatasi hambatan belajar yang dialami oleh siswa dengan mempertimbangkan karakteristik serta perkembangan kognitif siswa, sehingga mampu mempengaruhi hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi fungsi kuadrat di kelas X SMA Negeri 1 Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk uraian. Tekhnik pengambilan sampel menggunakan cluster random smpling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N. 1 Ulu Barumun yang terdiri dari 7 kelas sebanyak 245 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah sebagian dari populasi tersebut yaitu kelas X IPA 1 sebanyak 35 siswa dan X IPA 2 sebanyak 35 siswa. Tekhnik analisa data dilakukan dengan menggunakan rumus chi-kuadrat, dan uji t. Hasil pengujian penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen pada post-test yaitu 84,31 lebih baik daripada nilai rata-rata pada post-test kelas kontrol yaitu 80,31. Berdasarkan hasil perhitungan uji t juga diperoleh bahwa thitung > ttabel yaitu 3,198 > 1,995 yang menunjukkan bahwa H0 di tolak dan Ha di terima . Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif Think Pair Share memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi fungsi kuadrat di kelas X SMA N. 1 Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Asnah, M.A. dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd.
Keywords: Model pembelajaran kooperatif think pair share; Hasil belajar matematika; Fungsi kuadrat
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 29 Jun 2022 02:46
Last Modified: 10 Dec 2022 02:25
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7923

Actions (login required)

View Item View Item