Harahap, Nurhalimah (2022) Peranan guru pendidikan agama islam dalam mengatasi kesulitan siswa membaca al-quran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Angkola Timur Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1520100008.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Al-Quran merupakan kitab suci yang menjadi pedoman hidup bagi setiap muslim. Setiap muslim wajib hukumnya untuk mempelajari dan membaca Al-Quran sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Jadi, sangat tidak wajar apabila seorang muslim tidak bisa membaca Al-Quran dengan baik dan benar. Di SMK N 1 Angkola Timur banyak ditemukan siswa/i yang tidak fasih membaca Al-quran, sementara mereka adalah muslim dan muslimah. Bagaimana keadaan itu bisa terjadi apa penyebabnya ? keadaan ini merupakan masalah besar apabila tidak diatasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan siswa dalam membaca Al-Qur’an di Sekolah Menengah Keguruan Negeri 1 Angkola Timur. Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam membaca al-Qur’an di Sekolah Menengah Keguruan Negeri 1 Angkola Timur. Untuk mengetahui solusi guru Pendidikan Agama Islam untuk mengatasi kesulitan membaca al-Qur’an di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Angkolah Timur Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena di sekitarnya dan menganalisisnya dengan menggunakan logika deskriptif yaitu dengan menggambarkan dan menginterpretasikan objek yang sesuai apa adanya. Informan dalam penelitian ini adalah guru-guru pendidikan agama Islam dan kepala sekolah, instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data digunakan dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan siswa dalam membaca Al-Quran di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Angkolah Timur telah berusaha melaksanakan perannya seperti mendidik, mengajar, membimbing, melatih, menasehati, sebagai model dan teladan yang baik bagi siswa/i dalam setiap kegiatan proses pembelajaran maupun diluar pelajaran di lingkungan sekolah. Faktor- faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa adalah kurangnya minat siswa membaca Al-Quran, kurangnya motivasi dari keluarga, keadaan lingkungan sekitar tempat tinggal yang kurang mendukung. Solusinya yaitu memberikan kesadaran (menyadarkan) masyarakat yang menganggap pembelajaran Al-Quran, memberikan kesempatan yang lebih besar kepada siswa untuk belajar membaca Al-Quran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lelya Hilda M.Si. dan H. Ismail Baharuddin |
Keywords: | Guru; PAI; Membaca al-qur'an; Siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 29 Jun 2022 02:34 |
Last Modified: | 10 Dec 2022 07:25 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7921 |
Actions (login required)
View Item |