Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis penarapan marketing mix dalam meningkatkan penjualan Roti Bakar Siboss

Ningrum, Dwi Yustika (2022) Analisis penarapan marketing mix dalam meningkatkan penjualan Roti Bakar Siboss. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1740200312.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Marketing mix merupakan gabungan dari variabel-variabel pemasaran yang dapat dikendalikan dan digunakan oleh perusahaan untuk mencapai tingkat penjualan yang diinginkan dalam tujuan pasar. Variabel-variabel tersebut terdiri dari product, price, place, promotion, people, proces, physical evidence atau yang biasa disebut 7P. Strategi pemasaran sangat diperlukan dalam suatu usaha terutama dibidang kuliner termasuk pada usaha Roti Bakar Siboss. Produk yang ditawarkan kepada konsumen harus mempunyai keuntungan, oleh karena itu untuk mencapai tujuan tersebut bisa didapatkan dengan melakukan penerapan strategi pemasaran secara tepat. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi pemasaran dengan menggunakan marketing mix pada Roti Bakar Siboss dapat meningkatkan volume penjualan. Kegunaan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana strategi pemasaran dengan menggunakan marketing mix pada Roti Bakar Siboss. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan penerapan strategi marketing mix, yaitu strategi pemasaran dengan menggunakan marketing mix yang menjadi masalah penting karena semakin banyaknya pesaing usaha sejenis menjadikan pengusaha harus berfikir bagaimana upaya mempertahankan produk agar tetap mempertahankan eksistensinya untuk meningkatkan volume penjualan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun subjek penelitian ini adalah pemilik, dan konsumen Roti Bakar Siboss. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian analisis strategi pemasaran dengan menggunakan marketing mix pada usaha Roti Bakar Siboss. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan yang dilakukan oleh Roti Bakar Siboss. Roti Bakar Siboss melakukan strategi pemasaran dengan memperhatikan setiap variabel marketing mix yang dapat mempengaruhi tingkat volume penjualan, khususnya promosi yang menjadi variabel utama dalam memasarkan produk. Promosi dilakukan di media sosial Roti Bakar Siboss seperti Instagram, dan akun Gojek ataupun Grab. Dengan adanya strategi pemasaran akan menciptakan brand images produk dan meningkatkan jumlah konsumen Roti Bakar Siboss.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Delima Sari Lubis, M.A. dan Aliman Syahuri Zein, M.E.I.
Keywords: Strategi; Pemasaran; Marketing mix
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 28 Jun 2022 05:02
Last Modified: 25 Nov 2022 09:28
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7917

Actions (login required)

View Item View Item