Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa di Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Negeri Parannapa Jae Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas

Ainun, Rina Hasri (2022) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa di Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Negeri Parannapa Jae Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720500121.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi 1.Penelitian ini dilatar belakangi oleh Untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional siswa kelas VI MIN Parannapa Jae 2.Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelasVI MIN Parannapa jae 3.Untuk meningkatkan pengaruh kecerdasan emosional yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VI MIN Parannapa Jae Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1)Bagaimana tingkat kecerdasan emosional siswa kelas VI MIN Parannapa Jae? (2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas VI MIN Parannapa Jae? (3) Apakah terdapat pengaruh kecerdasan emosional yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VI MIN Parannapa Jae. Dan varibel X yaitu keerdasan emosianal dan variabel Y yaitu terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif kolerasional dan menggunakan ex post pacto. Pengertian penelitian korelasional adalah suatu tipe penelitian yang melihat hubungan antara satu atau beberapa ubahan dengan satu atau beberapa ubahan yang lain. Hasil penelitian dan pembehasannya. Data dikumpul melalui penyebaran angket instrumen yaitu angket tentang kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa yang dilakukan terhadap sample. Sebelum angket digunakan terlebih dahulu dilakukan validitas dan reliabilitasnnya yang sudah tercantum di Bab III. Berdasarkan hasil studi dokumentasi yang dilakukan peneliti yang diambil dari nilai rapor siswa di kelas VI MIN Parannapa Jae, maka diperoleh nilai tertinggi 96 dan nilai terendah 78. Dari nilai rapor yang didapat diolah menjadi data berkelompok sebanyak 5 kelas dan kelas interval sepanjang 4 Berdasarkan tabel 4.4 di atas diperoleh nilai rata-rata (mean) sebesar 84,46 nilai tengah (median) sebesar 85 nilai yang sering muncul (modus) sebesar 80 dan standar deviasi sebesar 5.753 dan variansi sebesar 33.103.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Syafnan, M.Pd. dan Drs. H. Agus Salim Daulay, M.Ag.
Keywords: Kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 28 Jun 2022 02:14
Last Modified: 07 Dec 2022 02:09
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7905

Actions (login required)

View Item View Item