Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran number heads together (NHT) dengan alat peraga pada materi perkalian pecahan campuran untuk meningkatkan pemahaman konsep Siswa Kelas V SD Negeri 101204 Sipirok

Siregar, Nurizzah Dian Islamiyati (2022) Penerapan model pembelajaran number heads together (NHT) dengan alat peraga pada materi perkalian pecahan campuran untuk meningkatkan pemahaman konsep Siswa Kelas V SD Negeri 101204 Sipirok. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720500049.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini dilakukan berawal dari wawancara dengan salah satu guru di SD Negeri 101204 Sipirok yang mengatakan bahwa hasil ulangan hariann matematika siswa umumnya masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah bahwa sebagian siswa memiliki pemahaman konsep matematika yang kurang, hal ini terlihat pada sebagian besar materi yang diajarkan dalam matematika tidak terkecuali pokok bahasan perkalian pecahan campuran matematika. Saat pembelajaran berlangsung siswa tidak berani untuk menanyakan kesulitan dalam memahami materi maupun dalam mengerjakan soal yang diberikan oleh guru. Penelitian ini merumuskan tentang apakah dengan penerapan model pembelajaran NHT dengan alat peraga pecahan dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis pada materi perkalian pecahan campuran siswa kelas V SD Negeri 101204 Sipirok? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep materi perkalian pecahan campuran dengan alat peraga melalui model NHT pada siswa kelas V SD Negeri 101204 Sipirok. Jenis penelitian ini adalah adalah penelitiaan Tindakan Kelas yang dilakukan dengan menggunakan II siklus yaitu siklus I dengan dua pertemuan dan siklus II dengan II pertemuan juga. Dalam penelitian ini, peneliti berperan sebagai guru sedangkan wali kelas berperan sebagai observer. Instrument yang digunakan yaitu observasi dan tes yaitu berbentuk Essay Test. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 101204 Sipirok tahun ajaran 2020/2021 yang terdiri dari 25 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa hasil belajar matematika siswa meningkat, hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa dan nilai siswa sebelum siklus dan sesudah siklus. Sebelum siklus persentase ketuntasan siswa sebesar 24% (6 dari 25 siswa) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 66,74. Siklus I pertemuan I persentase ketuntasan siswa sebesar 36% (9 dari 25 siswa) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 70, 28. Siklus I pertemuan II persentase ketuntasan siswa sebesar 48% (12 dari 25 siswa) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 72,4. Siklus II pertemuan I persentase ketuntasan siswa sebesar 72% (18 dari 25 siswa) dengan nilai rata-rata sebesar 79,68 dan terakhir siklus II pertemuan II ketuntasan siswa sebesar 80% (20 dari 25 siswa) dengan nilai rata-rata sebesar 82,1. Hal tersebut meningkatkan dan mengalami perubahan sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model NHT dengan alat peraga dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas V SD Negeri 101204 Sipirok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Almira Amir, M.Si. dan Nursyaidah, M.Pd.
Keywords: Model pembelajaran NHT; Pemahaman konsep siswa; Pecahan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 28 Jun 2022 01:52
Last Modified: 06 Dec 2022 02:47
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7904

Actions (login required)

View Item View Item