Tanjung, Nurainun (2022) Penerapan metode CTL (contextual teaching and learning) berbantu media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-qur'an hadits Siswa di Kelas VIII - B MTs.S Al-Amin Sampean Labuhan Batu Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720100168.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Pembelajaran Al-Qur’an Hadits yang didominasi oleh guru serta media pembelajaran yang kurang memadai membuat siswa hanya mendapatkan informasi dari guru saja sehingga prosess pembelajaran menjadi menoton dan berpusat pada guru saja. Keadaan seperti ini dapat menimbulkan kebosanan siswa terhadap pembelajaran, siswa menjadi kurang aktif dan menyebabkan hasil belajar siswa renda. Melihat fakta tersebut, maka peneliti menawarkan suatu metode pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) berbantu media audio visual. Berdasarkan hal tersebut dirumuskan masalah secara khusus yaitu Apakah Penerapan Metode CTL (Contextual Teaching And Learning) Berbantu media Audio Visual Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas VIII MTs.S Al-Amin Sampean Labuhanbatu Selatan. Sejaalan dengan rumusan masalah tersebut, maka peneliti ini bertujuan mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits melalui metode CTL berbantu media audio visual di kelas VIII-B MTs.S Al-amin Sampean Labuhanbatu Selatan. Adapun jenis metodologi penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kualitatif deskriptif yaitu menggambarkan hasil penelitian sesuai yang diperoleh dilapangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B MTs.S Al-Amin Smpean yang berjumlah 33 siswa. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data ini berupa tes tindakan dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian terhadap siswa dengan Penerapan Metode CTL Berbantu media Audio Visual diperoleh bahwa data terdapat peningkatan hasil belajar siswa Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I dan siklu II melalui penerapan metode CTL berbantu media audio visual di kelas VIII-B MTs.S Al-Amin Sampean Labuhanbatu Selatan, dengan rincian sebagai berikut. Pelaksanaan pra siklus hasil belajar siswa mencapai nilai rata-rata sebesar 53,33, siklus I pertemuan 1 dengan nilai rata-rata 61,81, dan siklus I pertemuan 2 dengan nilai rata-rata 70 dan siklus II pertemuan 1 dengan rata-rata 73,03, siklus II pertemuan 2 dengan nilai rata-rata 77,57. Jadi dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits melalui CTL berbantu media audio visual di kelas VIII-B MTs.S Al-Amin Sampean Labuhanbatu Selatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Magdalena, M.Ag. dan Nursyaidah, M.Pd. |
Keywords: | Metode contextual teaching and learning (CTL); Audio visual; Hasil belajar siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 27 Jun 2022 08:01 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 02:41 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7896 |
Actions (login required)
View Item |