Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Efektivitas pembelajaran online pada mata pelajaran pendidikan agama islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu

Ritonga, Ulvah Sari (2022) Efektivitas pembelajaran online pada mata pelajaran pendidikan agama islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720100126.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah adanya pandemi covid-19 memberikan dampak yang besar terhadap dunia pendidikan, yaitu dengan adanya kebijakan pemerintah untuk merubah sistem pembelajaran tatap muka menjadi sistem pembelajaran online. Hal ini tentu menjadi tantangan baru bagi guru maupun siswa dalam melaksanakan proses belajar mengajar secara online. Pelaksanaan pembelajaran online yang dilakukan secara tiba-tiba ini menimbulkan berbagai permasalahan, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang merupakan mata pelajaran yang banyak melibatkan pemahaman konsep serta pengaplikasian, Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu mata pelajaran yang tidak mudah untuk dilaksanakan secara online, karena pengaplikasian dari pembelajaran tersebut tidak dapat dipantau secara langsung oleh seorang guru. Rumusan masalah penelitian ini ialah: 1)Bagaimana Efektivitas Pembelajaran Online pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Bilah Hulu. 2)Apa Kendala Efektivitas Pembelajaran Online pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Efektivitas Pembelajaran Online Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan untuk menegetahui kendala efektivitas Pembelajaran Online Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan melalui pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang dibutuhkan yaitu 1 guru Pendidikan Agama Islam untuk data primer dan data sekunder 10 siswa kelas VIII dan Kepala Sekolah. Adapun analisis yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajia data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: Banyaknya peserta didik yang tidak memiliki kuota belajar, dan jaringan yang tidak bagus menyebabkan komunikasi antara guru dan siswa kurang efektif karena tidak semua peserata didik mendapatkan informasi tentang pembelajaran tersebut sehingga dapat menghambat berjalannya pembelajaran online yang dilaksanakan. Keterbatasan guru dalam mengontrol berlangsungnya pembelajaran online. Kurangnya motivasi siswa dalam belajar. Materi yang diberikan guru tidak dapat dituntaskan dan peserta didik susah memahami pelajaran yang disampaikan guru. Serta terbatasnya sarana prasarana yang di butuhkan dalam pelaksanaan pembelajaran online pada masa pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Hamdan Hasibuan, M.Pd. dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I.
Keywords: Efektivitas pembelajaran online pelajaran pendidikan agama islam
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0805 Distributed Computing > 080503 Networking and Communications
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 27 Jun 2022 07:14
Last Modified: 30 Nov 2022 08:40
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7892

Actions (login required)

View Item View Item