Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Problematika pembelajaran baca tulis al-qur'an di MTs Pondok Pesantren Darussalam Simpang Limun Desa Bangai Kacamata Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan

Harahap, Hotna Wati (2022) Problematika pembelajaran baca tulis al-qur'an di MTs Pondok Pesantren Darussalam Simpang Limun Desa Bangai Kacamata Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720100117.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah problematika yang menghambat siswa/siswi dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dapat dilihat dari beberapa dari segi guru yaitu tidak semua guru BTQ di MTs Darusalam Simpang Limun Desa Bangai Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan terampil menggunakan metode pembelajaran baca tulis Al-Qur’an, sehingga pembelajaran baca tulis Al-Qur’an masih kurang. Kedua, dilihat dari segi media pembelajaran yang dibutuhkan dalam baca tulis Al-Qur’an kurang memadai, seperti bahan ajar . Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja problematika pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dan upaya dalam mengatasinya di MTs Pondok Pesantren Darussalam Simpang Limun Desa Bangai Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi di MTs Pondok Pesantren Darussalam Simpang Limun Desa Bangai, wawancara secara langsung dengan kepala sekolah, guru Al-Qur’an dan siswa. Dalam penelitian ini di dokumentasikan serta literatur pendukung yang relevan terhadap masalah yang di deskrifsikan. Penelitian menyimpulkan bahwa problematika Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di MTs Pondok Pesantren Darussalam Simpang Limun Desa Bangai Kecamatan Torgamba Kabupaten LabuhanBatu Selatan dapat dilihat dari beberapa sisi. Dari sisi pendidik, problemnya yaitu guru kurang disiplin, kurang terampil mengelola kelas, kurang terampil dalam menggunakan media dan metode. Sementara dari sisi Sarana pembelajaran, problemnya adalah minimnya alat atau buku ajar. Dari sisi KBMnya yaitu alokasi waktu yang sangat singkat. Serta upaya mengatasinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Anhar, M.A. dan Hj. Hamidah, M.Pd.
Keywords: Problematika; Pembelajaran; Baca tulis al-qur’an
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 27 Jun 2022 04:46
Last Modified: 10 Dec 2022 08:14
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7890

Actions (login required)

View Item View Item