Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Al-Qur’an Surat Al-Hujurat ayat 6-13

Siregar, Romaito Sari (2021) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Al-Qur’an Surat Al-Hujurat ayat 6-13. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720100083.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah, di Madrasah Tsanawiyah (Mts) Swasta Nurul Falah di Desa Panompuan Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan ditemukan ada guru akidah akhlak dalam mengelola kelas belum sesuai dengan tata aturan. Dalam hal seperti ini pengaturan tempat duduk, kondisi kelas, penggunaan metode dan media pembelajaran. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, bagaimana pengelolaan kelas pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Swasta Nurul Falah di kelas VII-1 dan apa saja kendala yang didapati guru dalam melaksanakan Pengelolaan Kelas Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Swasta Nurul Falah kelas VII-1. Tujuan penelitian adalah menggambarkan Pengelolaan Kelas Pada Mata Pelajar Akidah Akhlak dan mengetahui kendala guru dalam pengelolaan kelas pada mata pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Tsanawiyah swasta Nurul Falah kelas VII-1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan objek sesuai dengan apa adanya. Subjek penelitian ini adalah guru akidah akhlak di kelas VII-1. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Kemudian data diolah dan di analisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan kelas oleh guru pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Swasta Nurul Falah guru belum menerapkan keterampilan pengelolaan kelas dalam proses pembelajaran. Kendala guru akidah akhlak dalam pengelolaan kelas saat pelajaran akidah akhlak di madrasah tsanawiyah swasta Nurul Falah adalah guru tidak melaksanakan keterampilan dalam pengelolaan kelas, fasilitas yang kurang memadai, seperti buku paket yang kurang, alat, dan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Samsuddin, M.Ag. dan Dr. Erna Ikawati, M.Pd.
Keywords: Pengelolaan kelas; Pelajaran akidah akhlak
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 27 Jun 2022 04:29
Last Modified: 06 Dec 2022 02:19
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7888

Actions (login required)

View Item View Item