Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh label halal, harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Herba Penawar Alwahidah Indonesia Padangsidimpuan

Hasibuan, Taupik Hidayat (2021) Pengaruh label halal, harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Herba Penawar Alwahidah Indonesia Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1640200251.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Herba Penawar Alwahidah Indonesia (HPAI) merupakan salah satu perusahaan yang fokus pada penyediaan produk-produk barang konsumsi yang halal dan berkualitas. HPAI Padangsidimpuan telah memiliki 92 reseller yang tersebar diseluruh kota Padangsidimpuan. Peningkatan penjualan ini tidak lepas dari beberapa pertibangan konsumen untuk melakukan pembelian produk, Salah satunya disebabkan label halal, harga, dan kualitas produk tesebut. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahuai pengaruh label halal, harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Herba Penawar Allahidah Indonesia (HPAI) Padangsidimpuan. Keputusan pembelian ialah salah satu tahap dimana seorang konsumen memutuskan untuk melakukan pembelian atas suatu produk yang dapat dianggap memenuhi segala kebutuhannya. Faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian diantaranya label halal, harga dan kualitas produk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data angket (kuesioner), wawancara, dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah konsumen HPAI Padangsidimpuan, sampel diambil menggunakan teknik sampling insidental sebanyak 271 orang. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisa menggunakan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsian variabel label halal berpengaruh terhadap keputusan pembelian HPAI dengan thitung>ttabel (13.397 > 1,6506), harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian HPAI dengan thitung>ttabel (5,203 > 1,6506) dan kualitas produk tidak berpengaruh. Secara simultan terdapat pengaruh pada label halal, variabel harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk HPAI dengan Fhitung >Ftabel (169,460 > 3,17). Berdasarkan nilai R Square sebesar 0,652 menunjukkan bahwa 65,2% variabel label halal, harga dan kualitas produk memberikan kontribusi terhadap keputusan pembelian, sedangkan 44,8% di jelaskan variabel lain yang tidak di masukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Rukiah, S.E., M.Si. dan Nurul Izzah, M.Si.
Keywords: Harga; Label halal; Kualitas produk; Keputusan pembelian
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 24 Jun 2022 08:51
Last Modified: 10 Dec 2022 02:22
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7868

Actions (login required)

View Item View Item