Safrida, Safrida (2021) Determinan keputusan pembelian secara online di Padang Matinggi Lestari. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1640200031.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan meningkatnya perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat termasuk internet yang membuka peluang bisnis baru bagi pelaku ekonomi, tidak terkecuali perkembangan dunia bisnis dan pemasaran. Hal ini ditandai dengan adanya perubahan gaya hidup masyarakat dalam menggunakan internet untuk memenuhi kebutuhan tanpa perlu datang ketoko untuk membeli suatu produk, cukup dengan mengunjungi situs yang diinginkan sehingga menyebabkan meningkatnya keputusan pembelian secara online yang dilakukan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, promosi, dan kemudahan secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian secara online pada masyarakat di Kelurahan Padang Matinggi Lestari. Kegunaan penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat dalam memperluas wawasan dan menambah pengetahuan bagi peneliti, bagi perusahaan, bagi peneliti selanjutnya dan bagi masyarakat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Etta Mamang Sangadji dan Sopiah mengenai keputusan pembelian. Keputusan pembelian adalah proses pengintegrasian yang mengkombinasikan pengetahuan untuk mengevaluasi dua perilaku alternatif atau lebih, dan memilih salah satu diantaranya Penelitian ini bersifat penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 69 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik incidental sampling. Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, angket (kuesioner) dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji asumsi klasik (uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi), uji hipotesis (uji koefisien determinasi (R2), uji t danuji F), serta analisis regresi linier berganda dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 23. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial harga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara online di Padang Matinggi Lestari yang dibuktikan dengan nilai thitung < ttabel, sedangkan untuk promosi secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara online di Padang Matinggi Lestari yang dibuktikan dengan nilai thiung < ttabel, sedangkan untuk kemudahan secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara online di Padang Matinggi Lestari yang dibuktikan dengan nilai thiung > ttabel. Secara simultan variabel harga, promosi, dan kemudahan sama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara online di Padang Matinggi Lestari yang dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel. Hal ini berarti bahwa secara simultan harga, promosi, dan kemudahan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian secara online di Padang Matinggi Lestari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Delima Sari Lubis, M.A. dan Rini Hayati Lubis, M.P. |
Keywords: | Harga; Kemudahan; Keputusan pembelian; Promosi |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150504 Marketing Measurement 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 24 Jun 2022 03:47 |
Last Modified: | 30 Nov 2022 08:28 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7858 |
Actions (login required)
View Item |