Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Determinan keputusan pembelian masyarakat di Pasar Raya Kodok Kota Padangsidimpuan

Nasution, Khoiriyah (2022) Determinan keputusan pembelian masyarakat di Pasar Raya Kodok Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1640200028.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Keputusan pembelian adalah suatu proses penyelesaian masalah yang terdiri dari menganalisa atau pengenalan kebutuhan keinginan, pencarian informasi, penilaian sumber-sumber seleksi terhadap alternatif pembelian, keputusan pembelian, dan perilaku setelah pembelian. Namun konsumen tentu lebih memilih untuk berbelanja di pasar tradisional dibandingkan dengan pasar modren dengan alasan harga yang lebih terjangkau dan lokasi yang mudah diakses dibandingkan dengan berbelanja di pasar modren dimana harga yang ditawarkan lebih mahal dan lokasi yang tidak mudah diakses oleh masyarakat. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh harga dan lokasi secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian masyarakat di pasar Raya Kodok Kota Padangsidimpuan?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian masyarakat di pasar Raya Kodok Kota Padangsidimpuan. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan keputusan pembelian, harga dan lokasi. Keputusan pembelian adalah suatu proses penyelesaian masalah yang terdiri dari menganalisa atau pengenalan kebutuhan keinginan, pencarian informasi, penilaian sumber-sumber seleksi terhadap alternatif pembelian, keputusan pembelian, dan perilaku setelah pembelian. Harga merupakan suatu atribut yang terdapat pada produk/jasa yang digunakan oleh sebagian besar konsumen untuk mengevaluasi produk atau jasa tersebut. Lokasi adalah kegiatan perusahaan untuk menjual produk dengan harga terjangkau dan tersedianya target pasar Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif sedangkan informasi yang diperlukan oleh peneliti diperoleh secara langsung pada objek penelitian dengan menyebarkan angket terhadap responden sebanyak 96 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah metode wawancara, angket dan dokumen. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas instrumen kemudian analisis data yang digunakan adalah uji asumsi dasar, uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan menggunakan pengolahan data program komputer SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel harga dan lokasi secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Pasar Tradisional Raya Kodok Kota Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Delima Sari Lubis, M.A. dan Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd.
Keywords: Harga; Lokasi; Keputusan pembelian
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150504 Marketing Measurement
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 24 Jun 2022 03:41
Last Modified: 30 Nov 2022 08:27
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7857

Actions (login required)

View Item View Item