Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) pada pembelajaran tematik tema 6 sub tema 1 di Kelas V MIN 1 Asahan

Handayani, Lely (2021) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) pada pembelajaran tematik tema 6 sub tema 1 di Kelas V MIN 1 Asahan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620500106.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang masalah ini adalah kemampuan siswa dalam memecahkan masalah masih rendah khususnya pada materi PPKn, maka untuk mengatasi permasalahan ini peneliti menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dalam materi PPKn di kelas V MIN 1 Asahan . Rumusan masalah dalam Penelitian ini yaitu Bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran tematik tema 6 sub tema 1 di kelas V MIN 1 Asahan. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus, dan setiap siklus 2 kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observasing), refleksi (reflection).Instrumen dalam penelitian ini yaitu berupa observasi dan tes hasil belajar. Subjek data penelitian ini adalah siswa KelasV MIN Asahan, pada semester ganjil dengan jumlah 25 orang. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memecahkan masalah melalui model Based Learning (PBL) dalam materi PPKn tidak ada peningkatan dalam belajar, Hal ini dapat dibuktikan pada tes awal nilai rata˗rata siswa 41,2 setelah diterapkan model Problem Based Learning (PBL) terjadi peningkatan pada siklus I pertemuan ke˗1 dengan nilai 52,6 dan meningkat pada pertemuan ke˗2 62,5 dengan pembelajaran yang tuntas, kemudian dilanjutkan pada siklus II diperoleh nilai rata˗rata pada pertemuan ke˗1 dengan nilai 71,4 dan pada pertemuan ke˗2 telah mencapai nilai kkm yaitu 86,8 serta persentase yang tuntas. Maka penelitian ini dapat dihentikan dengan nilai yang memuaskan. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dalam materi PPKn di kelas V MIN 1 Asahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nursyaidah, M.Pd. dan Dr. Almira Amir, M.Si.
Keywords: Peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui model pembelajaran problem based learning (PBL)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 24 Jun 2022 01:14
Last Modified: 10 Dec 2022 04:56
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7844

Actions (login required)

View Item View Item