Pane, Muhammad Rais (2021) Penerapan metode demonstrasi benda konkret untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran garis dan sudut di Kelas VII Smp Neger 1 Sipirok. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620200045.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Kurang aktifnyabelajarmatematikasiswadikelasVII SMP Negeri 1 Sipirok selamaprosespembelajarandisebabkanmetodepembelajaranyang digunakanguru kurang bervariasi.Sehinggaperlumelakukanperubahan dalam pelaksanaan pembelajarandikelas,salah satunya denganmenerapkanmetode pembelajaran demonstrasibenda konkretagar siswa aktifdalampembelajaran.Rumusanmasalah padapenelitian iniadalahapakah adapeningkatan keaktifanbelajar matematika siswa melaluidemonstrasibenda konkretpada pokokbahasangarisdansudutdiSMP Negeri 1 Sipirok.Adapuntujuan penelitian iniadalahuntuk Peningkatan keaktifan belajar matematikamelaluidemonstrasibenda konkretpada materigarisdansudutdikelas VIISMP Negeri 1 Sipirok. Metode demonstrasimerupakansuatumetode pembelajaranyangcara mengajarnya denganmenunjukkan, memperlihatkansesuatu proses sehingga seluruh siswa dalamkelasdapatmelihat,mengamati,mendengarkanmungkinmeraba-raba dan merasakanprosesyang dipertunjukkanolehguru tersebut.Melaluipenerapan metode demonstrasibenda konkretinidapatmeningkatkankeaktifanbelajar matematika siswa. Jenispenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK)yangdilaksanakandiSMP Negeri 1 Sipirok.Subjekyang dikenai tindakanadalahkelasVIIsebanyak40siswa.Instrumentpengumpulandata berupa lembaranobservasidanangket. Prosedur PTK dimulaidariperencanaantindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatandan refleksi. Penelitianinidilaksanakandalam 3 siklus, setiap siklusdiadakan 2 kalipertemuan. Berdasarkanpembahasandalampenelitianini maka diperolehhasil:terjadi peningkatan keaktifan positif dari pertemuan pertama kepertemuan kedua. peningkatantersebutberdasarkanhasilobservasiyang telahdipersentasekanbahwa pada siklus Ipertemuan 1 34,82%, pertemuan 2 42,33% dan hasil angket yang dibagikankepadasiswasebesar44,16%padasiklusII pertemuan1sebesar51,5%, pertemuan263,83%danhasilangketyang dibagikankepadasiswapadasiklusII sebesar64,16% sertapadasiklusIIIpertemuan1sebesar74,16%danpertemuan2 85,16% dan hasil angket pada siklus III ini sebesar 84,33%. Berdasarkan hasil tersebutmakaterjadipeningkatandarisiklusI pertemuan1kesiklusIII pertemuan2 sebesar 49,51%. Karena peningkatan keaktifan belajar matemtika siswa telah mencapai sesuaiyangdiharapkan.Oleh karenaitudapatdisimpulkanbahwa metode pembelajarandemonstrasibenda konkretdapatmeningkatkan keaktifanbelajar matematika siswapadamateri garis dan sudut dikelas VIISMP Negeri 1 Sipirok.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Almira Amir, M.Si. dan Dr. Mariam Nasution, M.Pd. |
Keywords: | Keaktifan belajar; Demonstrasi benda konkret; Garis dan sudut |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 03:23 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 02:41 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7829 |
Actions (login required)
View Item |