Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penggunaan sumber-sumber pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan

Harahap, Lisna Sari (2019) Penggunaan sumber-sumber pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 201 00137.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Adapun latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran harus memiliki kapasitas intelektual dan kretifitas, sehingga dalam menyampaikan materi pelajaran mampu memberikan pemahaman kepada peserta didik dengan baik, dengan kata lain mampu menguasai berbagai macam cara-cara mengajar, mampu memilih dan menetapkan apa yang tepat digunakan dalam penyampaian materi pelajaran. Pada kenyataannya yang ada di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan, cara yang digunakan guru dalam proses pembelajaran belum bisa memberikan pemahaman bagi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan penggunaan sumbersumber pembelajaran di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan, untuk menemukan kendala yang dialami guru dalam menggunakan sumber-sumber pembelajaran di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan, untuk menemukan solusi dalam menanggulangi kendala yang dihadapi dalam menggunakan sumber-sumber pembelajaran di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilaksanakan secara kualitatif dengan metode deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan yang sebenarnya di lapangan secara murni sesuai dengan apa adanya. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penggunaan sumber-sumber pembelajaran di SMP Negeri 5 Padangsidimpun adalah sumber pembelajaran berupa manusia yaitu guru yang dimanfaatkan untuk menyampaikan materi pelajaran, bahan (buku paket, gambar dan peta). Lingkungan (alam sekitar dan lingkungan social dimanfaatkan sebagai materi yang disampaikan), alat dan peralatan (CD pembelajaran, tape recorder, laptop, LCD dan infokus). Aktifitas berupa kombinasi antara teknik penyajian bahan dengan buku, simulasi dan karya wisata, pesan dan teknik. Kendala yang dihadapi dalam penggunaan sumbersumber pembelajaran di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan adalah keterbatasan sumber-sumber pembelajaran yang tersedia, keterbatasan waktu dan keterbatasan pengetahuan. Untuk mengatasi kendala dan kekurangan tersebut maka solusi diberikan guru dan pihak sekolah diharapkan memanfaatkan sumber-sumber pembelajaran yang ada secara maksimal dan mencari sumber lain melalui internet dan guru dari sekolah lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kegiatan pembelajaran; sumber pembelajaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021409 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 21 Apr 2020 03:10
Last Modified: 21 Apr 2020 03:10
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/782

Actions (login required)

View Item View Item