Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan Kecamatan Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan

Smj, Rini Andriyani (2022) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan Kecamatan Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1520100004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Pengelolaan kelas di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan memiliki beberapa kendala agar tercapainya pengelolaan kelas yang sesuai dengan indikator berdasarkan visi dan misi di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan. Berbagai macam karakteristik siswa dan strategi yang terbatas oleh guru Pendidikan Agama Islam menjadi dasar sulitnya mencapai sebuah pengelolaan kelas yang sesuai dengan indikator keberhasilan. Sehingga peneliti meneliti bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengelola Kelas di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan, Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan?, 2) Apa saja problematika guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengelola Kelas di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan, Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan?, 3) Apa upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi masalah pengelolaan kelas di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan, Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengelolaan kelas oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan, mengetahui problematika dan mengelola kelas dan mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi masalah pengelolaan kelas di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat naturalistik dengan menggunakan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data yang menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu, strategi pengelolaan kelas di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan yaitu pengelolaan tempat belajar, pengelolaan siswa, pengelolaan kegiatan pembelajaran dan pengelolaan isi/materi belajar. Problematika pengelolaan kelas berasal dari siswa yang memiliki ketertinggalan dalam keaktifan belajar Pendidikan Agama Islam sehingga guru PAI memberikan tahapan penyelesaian problematika yang ada oleh siswa dengan melakukan pendekatan persuasif, pemberian hukuman yang edukatif dan surat pemberitahuan oleh pihak sekolah kepada wali siswa yang memancing problematika kegagalan pengelolaan kelas di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Samsuddin, M.Ag. dan Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag.
Keywords: Strategi; Guru Pendidikan Agama Islam; Pengelolaan kelas
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:37
Last Modified: 10 Dec 2022 08:30
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7796

Actions (login required)

View Item View Item