Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Hubungan konsep diri dengan motivasi belajar matematika Siswa Kelas VII Smp Negeri 4 Batang Angkola

Ramadiah, Ulfi (2021) Hubungan konsep diri dengan motivasi belajar matematika Siswa Kelas VII Smp Negeri 4 Batang Angkola. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1420200073.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah masih rendahnya konsep diri dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan motivasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 4 Batang Angkola. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan motivasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 4 Batang Angkola. Kegunaan penelitian ini adalah untuk menanbah wawasan dan memeperjelas cakrawala pengetahuan mengenai hubungan konsep diri dengan motivasi be;ajar matematika. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu matematika. Sehubungan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan konsep diri, motivasi belajar matematika. Aspek-aspek atau bagian-bagian tertentu dari keilmuan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional, yakni suatu penelitian untuk mengetahui hubungan dan tingkat hubungan anatara dua variabel sehingga tidak terdapat manipulasi variabel. Adapun populasi dari penelitian ini adalah 40 orang siswa, dan metode pengampilan sampel yaitu populasi sampling yang berjumlah 40 orang siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket terhadap konsep diri dan motivasi belajar matematika, kemudian dianalisis menggunakan analisis korelasi product moment, dan Uji T dengan bantuan SPSS 23. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh hasil korelasi pada konsep diri dengan motivasi belajar matematika diperoleh rhitung > rtabel yaitu 0,968 > 0,312, artinya terdapat hubungan yang siginifikan, maka hipotesis diterima/disetujui, jadi dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan motivasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 4 Batang Angkola.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Agus Salim Daulay M.Ag. dan Mariam Nasution, M.Pd.
Keywords: Konsep diri; Motivasi belajar matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 21 Jun 2022 09:07
Last Modified: 02 Dec 2022 01:39
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7790

Actions (login required)

View Item View Item