Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Problematika pembelajaran matematika pada masa pandemi Kelas VIII MTs Swasta Ak-Ikhlas Aek Botik Kabupaten Tapanuli Utara

Simanjuntak, Rismawati (2022) Problematika pembelajaran matematika pada masa pandemi Kelas VIII MTs Swasta Ak-Ikhlas Aek Botik Kabupaten Tapanuli Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720200035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Pandemi Covid-19 di Indonesia, pemerintah Republik Indonesia telah mengambil beberapa kebijakan dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19. Salah satu langkah kebijakan yang diambil yaitu Fiscal Distancing dalam bentuk kebijakan perbatasan sosial berskala besar (PSBB) Kebijakan ini mengakibatkan perubahan tatanan sosial di masyarakat dalam berbagai bidang termasuk di bidang pendidikan. Kondisi ini mengharuskan siswa untuk belajar dirumah (daring), selain pembelajaran daring. pada masa pandemi seperti ini terdapat juga pembelajaran luring (luar jaringan) ataupun dikenal dengan istilah blended learning. Kegiatan pembelajaran blended learning pada masa pandemi ini juga menimbulkan permasalahan-permasalahan dikalangan pendidik dan peserta didik. Sehingga hal tersebut memungkinkan terjadinya kendala- kendala siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana problematika pembelajaran matematika yang dihadapi siswa kelas VIII MTs Swasta Al-Ikhlas Aek Botik Kabupaten Tapanuli Utara dalam proses pembelajaran pada masa pandemi? dan Apa saja solusi yang dilakukan untuk mengatasi problematika pembelajaran matematika pada masa pandemi kelas VIII MTs Swasta Al-Ikhlas Aek Botik Kabupaten Tapanuli Utara? Penelitian ini dilaksanakan di MTs Swasta Al-Ikhhlas Aek Botik Kabupaten Tapanuli Utara pada September 2021. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dalam. penelitian ini berupa deskripsi tentang problematika pembelajaran matematika pada masa pandemi yang diperoleh melalui metode wawancara dan observasi sebagai data utama dan dokumentasi sebagai data penunjang Dengan subjek penelitian guru bidang studi matematika kelas VIII dan siswa kelas VIII. Analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan reduksi, klafikasi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh Problematika pembelajaran matematika pada masa pandemi adalah ketiadaan fasilitas yang menunjang kesulitan dalam mengakses jaringan internet, ketiadaan kuota yang dibutuhkan dalam mengakses jaringan internet, kondisi lingkungan, kesulitan siswa dalam memamahi materi pelajaran matematika, tugas daring lebih banyak dan ketidaksiapan siswa. Sedangkan pada saat pembelajaran tatap muka adalah waktu saat belajar tatap muka dibatasi dan ketidaksiapan siswa terhadap pembelajaran tatap muka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Mariam Nasution, M.Pd. dan Dr. Lelya Hilda M.Si.
Keywords: Problematika; Pembelajaran matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 21 Jun 2022 08:13
Last Modified: 10 Dec 2022 08:14
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7785

Actions (login required)

View Item View Item