Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Efektivitas pembelajaran matematika secara daring di Kelas X Pondok Pesantren MAS PI Yakubiyah Gunung Tua

Siregar, Faujia (2022) Efektivitas pembelajaran matematika secara daring di Kelas X Pondok Pesantren MAS PI Yakubiyah Gunung Tua. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720200040.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah wabah COVID-19 yang melanda di dunia di akhir 2019 hingga saat ini . Kondisi ini mengharuskan siswa utuk belajar dirumah atau pembelajaran matematika dilakukan secara daring, untuk mengetahui efektivitas, pelaksanaan efektif atau kurang efektifnya pembelajaran matematika secara daring dan kelebihan dan kekurangan dalam pelaksanaan pembelajaran matematika secara daring. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana efektivitas Pembelajaran matematika secara daring di kelas X Pondok Pesantren MAS PI Yakubiyah Gunung Tua 2) Apakah pelaksanaan pembelajaran matematika secara daring di kelas X pondok pesantren MAS PI Yakubiyah Gunung Tua terbukti efektif 3) Apa kelebihan dan kekurangan dalam pelaksanaan pembelajaran matematika secara daring di kelas X MAS PI Yakubiyah Gunung Tua. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilaksanakan melalalui teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek Penelitian ini adalah guru matematika dan siswa kelas X di pondok pesanten MAS PI Yakubiyah Gunung Tua. Hasil penelitian mengungkapkan efektivitas pelaksanaan pembelajaran matematika secara daring di kelas X sudah berjalan sesuai dengan prosedur sekolah, namun dalam pelaksanann pembelajaran matematika secara daring di kelas X pondok pesantren MAS PI Yakubiyah Gunung Tua masih kurang efektif. dan kelebihan pembelajaran matematika secara daring di kelas X pondok pesantren MAS PI yakubiyah Gunung Tua yaitu waktu belajar fleksibel, siswa lebih dekat dengan orang tua, siswa tidak bergantung pada guru dan melatih rasa percaya diri siswa. Sedangkan kekurangan pelaksanaan pembelajaran daring yaitu guru tidak bisa berinteraksi secara langsung dengan siswa , jaringan kurang stabil dan kurang memahami materi sehingga siswa hanya mengerjakan tugas-tugas saja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Suparni, S.Si, M.Pd. dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd.
Keywords: Efektivitas pembelajaran matematika; Daring
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100503 Computer Communications Networks
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 21 Jun 2022 07:53
Last Modified: 30 Nov 2022 08:40
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7783

Actions (login required)

View Item View Item