Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh strategi problem based learning dengan menggunakan media jaring-jaring bangun ruang (jari baru) terhadap kemampuan penalaran matematis Siswa Kelas VIII SMP IT Darul Hasan Padangsidimpuan

Ritonga, Putri Lestari (2022) Pengaruh strategi problem based learning dengan menggunakan media jaring-jaring bangun ruang (jari baru) terhadap kemampuan penalaran matematis Siswa Kelas VIII SMP IT Darul Hasan Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720200042.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang pahamnya siswa dalam menyelesaikan soal matematika dan hanya menghafal rumus-rumus di SMP IT Darul Hasan Padangsidimpuan Sehingga sering terjadi kesalahan penerapan rumus dalam menyelesaikan soal dan siswa memiliki keterbatasan kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal Siswa tidak dibelajarkan mengenai indikator kemampuan penalaran matematis. Dari hal tersebut menyatakan bahwa penalaran matematis masih tergolong rendah. Prores pembelajaran yang dilakukan masih berpusat pada guru tanpa menggunakan strategi pembelajaran yang dapat memberikan keaktifan pada proses belajar mengajar. Rumusan masalah dari peneliti ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan strategi problem based learning dengan menggunakan media jaring-jaring bangun ruang (Jari Baru) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa SMP IT Darul Hasan Padangsidimpuan? Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara strategi problem based learning dengan menggunakan media Jaring jaring Bangun Ruang (Jari Baru) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa SMP IT Darul Hasan Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen Populasinya adalah seluruh kelas VIII SMP IT Darul Hasan Padangsidimpuan yang terdiri dari dua kelas yang berjumlah 60 siswa dan pengambilan sampel menggunakan teknik puposive sampling. Dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes. Dan sampel kelas eksperimen diberi perlakuan 30 siswa dan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan 30 siswa. Pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan rumus uji normalitas, uji homogenitas dan uji t Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan dengan perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu kelas eksperimen sebesar 82,87 dan kelas kontrol yaitu 78,17. Ada pengaruh yang signifikan antara strategi problem based learning dengan menggunakan media Jaring-jaring Bangun Ruang terhadap kemampuan penalaran matematis siswa SMP IT Darul Hasan Padangsidimpuan Hasilnya diperoleh dari nilai signifikansi 0,05 yaitu thitung > ttabel dengan taraf 5% sehingga 2,889 > 1,671. Maka Ho ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Almira Amir, M.Si. dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd.
Keywords: Strategi problem based learning; Terhadap kemampuan penalaran matematis
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 21 Jun 2022 07:27
Last Modified: 10 Dec 2022 04:17
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7782

Actions (login required)

View Item View Item