Hamdi, Zul (2021) Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran matematika Kelas VII di SMP Negeri 1 Panyabungan Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720200047.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Masalah yang dikemukakan adalah penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Panyabungan Selatan yang bahwa keaktifan belajar Matematika siswa sangat rendah. Salah satu penyebabnya adalah model pembelajaran yang biasa dilakukan oleh guru yang kurang bervariansi sehingga pembelajaran kurang menarik perhatian siswa yang berpengaruh terhadap proses belajar mengajar menjadikurang maksimal, dalam penelitian penerapan pendekatan yang menggunakan langkah-langkah mulai dari mengamati, menanya, menalar, mengeksperimen dan mengkomunikasikan. Rumusan masalah ini adalah Bagaimana penerapan pendekatan pendekatan saintifik dalam pembelajaran matematika di kelas VII SMP Negeri 1 Panyabungan Selatan dan kendala-kendala dalam penerapan pendekatan saintifik pada di kelas VII SMP Negeri 1 Panyabungan Selatan, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendekatan pendekatan saintifik dalam pembelajaran matematika di kelas VII SMP Negeri 1 Panyabungan Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode diskriptif dan triangulasi. Analisis data dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif, sehingga penelitian ini digolongkan kepada riset deskriptif yang bersifat eksploratif yaitu bertujuan untuk menggambarkan keadaan atau status fenomena. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Panyabungan Selatan yang berjumlah 28 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa penerapan pendekatan saintifik kurang bagus dilakukan pada kelas VII SMP Negeri 1 Panyabungan Selatan, Kendala-kendala yang dihadapi siswa dalam penerapan pendekatan saintifik antara lain, kemampuan siswa dalam belajar matematika masih sangat kurang,siswa masih malu untuk bertanya kepada guru. Setelah dilakukan penerapan pendekatan saintifik kemampuan dan keaktifan siswa menjadi lebih baik, dan cepat dalam memahami pelajaran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa setelah melakukan penerapan pendekatan saintifik keaktifan dan kemampuan siswa semakin dalam belajar matematika semakin bertambah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Almira Amir, M.Si. dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd. |
Keywords: | Pendekatan saintifik; Pembelajaran matematika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 21 Jun 2022 07:10 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 02:49 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7781 |
Actions (login required)
View Item |