Batubara, Eka Sasmitha (2022) Penerapan metode pembelajaran penemuan terbimbing (discovery learning) dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada materi teorema pythagoras untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720200052.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Pembelajaran yang cenderung monoton membuat siswa kurang mengerti dan kurang berminat mengikuti pembelajaran serta siswa merasa jenuh dan bosan dalam pembelajaran di kelas. Maka yang terjadi di kelas adalah sebagian siswa hanya duduk, diam, mendengarkan dan mencatat materi pelajaran yang disampaikan oleh guru tanpa berusaha memahami apa yang disampaikan oleh guru. Hal ini menjadikan hasil belajar matematika siswa tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Oleh karena itu, diperlukan suatu model atau metode pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya adalah dengan menggunakan metode penemuan terbimbing. Dengan menggunakan metode ini diharapkan bias meningkatkan hasil belajar Berangkat dari permasalahan di atas, maka secara umum permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini apakan metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar teorema Pythagoras di kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Dolok? , dan tujuan penelitian ini yaitu mengetahui peningkatan hasil belajar teorema Pythagoras melalui metode pembelajaran penemuan terbimbing di kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Dolok. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam bentuk siklus berulang yang di dalamnya terdapat beberapa tahapan kegiatan yaitu, perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi dan seterusnya sampai peningkatan yang diharapkan tercapai. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode penemuan terbimbing yang dilakukan, maka diperoleh peningkatan hasil belajar teorema Pythagoras di kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Dolok pada setiap siklus. Hasil penelitian yang membuktikan adanya peningkatan hasil belajar siswa adalah sebagai berikut: Terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas. Dimana pada tes kemampuan awal diperoleh nilai rata-rata yaitu 55,2; rata-rata kelas pada siklus I adalah 71,24 dan rata-rata kelas siklus II adalah 81, 32. Kemudian terjadi peningkatan persentase ketuntasan belajar yaitu terdapat 12 Orang siswa yang tuntas dengan persentase 48% pada tes kemampuan awal, 18 orang siswa yang tuntas dengan persentase 72% pada siklus I, 22 orang siswa yang tuntas dengan persentase 88% pada siklus Ke-II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Mariam Nasution, M.Pd. dan Dr. Almira Amir, M.Si. |
Keywords: | Metode pembelajaran penemuan terbimbing; Hasil belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 21 Jun 2022 04:50 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 02:42 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7780 |
Actions (login required)
View Item |