Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi segitiga di Kelas VII SMP Negeri 4 Sinunukan

Siregar, Yulia Damayanti (2021) Pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi segitiga di Kelas VII SMP Negeri 4 Sinunukan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720200095.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah Matematika di kelas VII SMP Negeri 4 Sinunukan. Dalam penelitian ini siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal dalam bentuk pemecahan masalah dan menghubungkannya dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu materi yang sulit oleh siswa adalah materi segitiga, dimana siswa tidak memahami soal yaitu tidak mengetahui apa yang diketahui dan apa yang ditanya pada soal, bagaimana menyelesaikan soal, menjelaskan dan memeriksa kebenaran jawaban yang diperoleh pada soal tersebut. Pembelajaran di kelas terlihat pasif sehingga perlu diterapkan model pembelajaran yang membantu siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Cooperative Scriptterhadap kemampuan pemecahan masalah Matematika pada materi segitiga di kelas VII SMP Negeri 4 Sinunukan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 4 Sinunukan dan sampelnya adalah kelas VII-1 dan VII-2. Kelas VII-1sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Cooprtaive Scriptdan VII-2 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes. Sebelum tes digunakan dalam penelitian terlebih dulu peneliti melakukan uji coba instrument untuk melihat tingkat validasi, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda tes. Teknik analisa data yang digunakan untuk melihat pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika adalah uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t_hitung2,208 dan t_tabel dengan dk = 54 dan taraf signifikan 5% sebesar 2,004. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Cooperative Scriptterhadap kemampuan pemecahan masalah Matematika pada materi segitiga di kelas VII SMP Negeri 4 Sinunukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Agus Salim Daulay, M.Ag. dan Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M,Pd.
Keywords: Model pembelajaran cooperative script; Kemampuan pemecahan masalah matematika; Segitiga
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 21 Jun 2022 03:35
Last Modified: 10 Dec 2022 02:25
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7774

Actions (login required)

View Item View Item