Sari, Novita Indah (2022) Penerapan model pembelajaran think talk write untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 101208 Pahae Aek Sagala Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720500010.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya antusias serta kemampuan menulis siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia disebabkan guru menggunakan model pembelajaran konvensional dalam proses pembelajaran. Kurangnya fasilitas yang memadai untuk menunjang pembelajaran menyebabkan siswa tidak tertarik untuk menulis sehingga proses pembelajaran tidak optimal. Ketidakmampuan siswa menuangkan gagasan, serta idenya ke dalam bentuk tulisan menyebabkan siswa lebih banyak berpikir tetapi tidak sempat menulis sehingga siswa pasif dan malas untuk menulis dan berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah dengan penerapan model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 101208 Pahae Aek Sagala Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 101208 Pahae Aek Sagala Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan menggunakan dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sabjek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 101208 Pahae Aek Sagala Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada kondisi awal menulis siswa diperoleh nilai rata-rata kelas 62,5 dengan persentase ketuntasan 30,77%. Hasil tes menulis siswa pada siklus I pertemuan ke-1 diperoleh rata-rata kelas 65,18 dengan persentase ketuntasan 37,03% dan pertemuan ke-2 diperoleh nilai rata-rata kelas 70 dengan persentase ketuntasan 70,37% . Kemudian hasil tes menulis siswa pada siklus II pertemuan ke-1 diperoleh nilai rata-rata kelas 75,55 dengan persentase ketuntasan 77,78% dan pertemuan ke-2 diperoleh nilai rata-rata kelas 83,26 dengan pesentase ketuntasan 92,30%. Sehingga disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran think talk write dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 101208 Pahae Aek Sagala Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Erna Ikawati, M.Pd. dan Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd. |
Keywords: | Model pembelajaran think talk write; Keterampilan menulis, Paragraf |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1904 Performing Arts and Creative Writing > 190402 Creative Writing (incl. Playwriting) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 20 Jun 2022 07:13 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 03:51 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7760 |
Actions (login required)
View Item |