Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pemanfaatan fasilitas pembelajaran IPA dalam upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa Kelas V Di SDN 187 Laru Kabupaten Mandailing Natal

Amelia, Amelia (2022) Pemanfaatan fasilitas pembelajaran IPA dalam upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa Kelas V Di SDN 187 Laru Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720500020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah pembelajaran suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan dan prosedur yang saling mempengaruhi untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran yang menyenangkan ditambah dengan fasilitas pembelajaran yang memadai akan berpengaruh terhadap daya ingat dan aktivitas belajar siswa. ketersediaan dan pemanfaatan fasilitas pembelajaran sangat mempengaruhi aktivitas belajar siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana ketersediaan fasilitas pembelajaran IPA di kelas V SDN 187 laru. Bagaimana pemanfaatan fasilitas pembelajaran IPA dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V SDN 187 laru. Apa saja upaya yang dilakukan untuk melengkapi fasilitas pembelajaran IPA sehingga berpangaruh terhadap aktivitas belajar siswa di kelas V SDN 187 laru. Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran ketersediaan fasilitas pembelajaran IPA di kelas V SDN 187 laru. Untuk mendeskripsikan bagaimana pemanfaatan fasilitas pembelajaran IPA dalam menunjang aktivitas belajar siswa kelas V SDN 187 laru. Untuk mengetahui upaya yang dapat dilakukan dalam rangka melengkapi fasilitas pembelajaran IPA sehingga memberikan pengaruh positif terhadap aktivitas belajar siswa kelas V SDN 187 laru. Metodologi dalam penelitian ini ialah metode kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan analisis data melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, adapun teknik penjamin keabsahan data yaitu perpanjangan waktu penelitian, ketekunan pengamatan dan trigulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketersediaan fasilitas pembelajaran sudah tersedia sesuai dengan materi pembelajaran IPA yaitu sistem organ pernapasan pada manusia. Pemanfaatan fasilitas pembelajaran yaitu guru memanfaatkan fasilitas pembelajaran dengan baik sehingga aktivitas belajar siswa dikategorikan aktif mengikuti proses pembelajaran. Upaya yang dapat dilakukan yaitu perencanaan fasilitas pembelajaran IPA, pengadaan fasilitas pembelajaran IPA, penyaluran dan pencataan fasilitas pembelajaran IPA, penyimpanan dan pengawasan fasilitas pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nursyaidah, M.Pd. dan Syafrilianto, M.Pd.
Keywords: Pemanfaatan; Fasilitas pembelajaran; Siswa; Aktivitas belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 20 Jun 2022 06:49
Last Modified: 23 Nov 2022 03:50
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7758

Actions (login required)

View Item View Item