Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi standar sarana dan prasarana pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hasan Padangsidimpuan

Annisa, Novianti (2022) Implementasi standar sarana dan prasarana pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hasan Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720500040.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah kebutuhan atas sarana dan prasarana pendidikan tidak dapat ditiadakan, terkhusus pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan agar tercapainya mutu pendidikan, namun di lapangan masih ditemukan beberapa kekurangan dari standar yang telah ditetapkan. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana implementasi standar sarana dan prasarana pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di kelas III, dan bagaimana upaya guru dalam mengatasi kekurangan ataupun kendala yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana implementasi standar sarana dan prasarana yang telah dilakukan dan bagaimana upaya guru dalam menghadapi kendala yang ada. Metodologi yang digunakan penelitian adalah kualitatif menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik pengelolaan analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik penjamin keabsahan data adalah perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pencapaian standar sarana dan prasarana di sekolah tersebut sebesar 87,5% dari seluruh skor maksimum yang seharusnya dicapai pada borang standar sarana dan prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Penelitian ini merekomendasikan untuk mendalami indikator-indikator yang belum tercapai dengan optimal. Meski telah mencapai nilai yang baik, namun pemberdayaan, pemanfaatan dan pemeliharaan sarana dan prasarana di sekolah harus ditingkatkan. Serta temuan guru dalam upaya mengatasi kekurangan sarana dan prasarana dengan 3 langkah yaitu: pemilihan materi pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang harus disesuaikan dengan sarana dan prasarana yang ada, memodifikasi sarana dan prasarana, serta memodifikasi alokasi waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nursyaidah, M.Pd. dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I.
Keywords: Implementasi standar sarana dan prasarana; Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1106 Human Movement and Sports Science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 20 Jun 2022 04:07
Last Modified: 23 Nov 2022 03:41
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7751

Actions (login required)

View Item View Item