Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan metode mind mapping di Kelas IV SD Negeri 250 Pakantan Kecamatan Pakantan Kabupaten Mandailing Natal

Salbiah, Sri (2022) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan metode mind mapping di Kelas IV SD Negeri 250 Pakantan Kecamatan Pakantan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720500041.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika di kelas. Hal ini disebabkan oleh masih banyaknya siswa yang kurang aktif dalam proses pembelajaran dan masih sulit dalam menjawab soal yang diberikan guru, dengan demikian peneliti meyakini bahwa dengan menggunakan metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah penerapan metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 250 Pakantan Kecamatan Pakantan Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar siswa sebelum dan setelah penerapan metode pembelajaran Mind Mapping pada materi FPB dan KPK di kelas IV, (2) Ada tidaknya peningkatan hasil belajar matematika siswa menggunakan Metode Mind Mapping pada materi FPB dan KPK di kelas IV SD Negeri 250 Pakantan 2020/2021. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan kelas adalah penelitian praktis untuk memperbaiki pembelajarandi dalam kelas. Penelitian ini merupakan salah satu upaya guru ataun praktisi dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. Hasil penelitian yang diperoleh dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 15 siswa yang terdiri dari 8 siswi perempuan dan 7 siswa laki-laki. Hasil penelitian ini tampak pada hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan yaitu pada tes awal (pre test), persentase ketuntasan klasikal 26,66% dengan nilai rata-rata siswa adalah 52,55%, kemudian setelah diterapkan metode Mind Mapping yaitu pada siklus I ketuntasan belajar meningkat dengan ketuntasan klasikal 46,66% dan nilai rata-rata sebesar 65,11%. Selanjutnya pada siklus II ketuntasan belajar siswa kembali meningkat dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 86,66% dan nilai rata-rata 80. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus II telah mencapai ketuntasan klasikal dengan kriteria yang tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si, M.Pd. dan Dr. Mariam Nasution, M.Pd.
Keywords: Metode mind mapping; Meningkatkan hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 20 Jun 2022 03:58
Last Modified: 23 Nov 2022 03:40
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7750

Actions (login required)

View Item View Item