Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 382 Singkuang Kecamatan Muara Batang Gadis Kabupaten Mandailing Natal

Sartiani, Sartiani (2022) Upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 382 Singkuang Kecamatan Muara Batang Gadis Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720500047.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar Belakang masalah penelitian adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 382 Singkuang masih kurang motivasi dalam belajar pada mata pelajaran Ilmu pengetahuan Alam (IPA) yaitu peserta didik mudah bosan dengan cara guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) menyampaikan materi yang hanya menggunakan buku mata palajaran saja. Banyak peserta didik yang bermain-main pada saat pelajaran berlangsung, mengantuk, bahkan mengganggu temannya sendiri. 20 peserta didik yang ada di dalam ruangan hanya 8 orang yang tergolong mendengarkan guru dengan baik. Untuk mengatasi masalah tersebut, hal yang perlu dilakukan yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran yang menuntut peserta didik aktif, berani mencoba, mengemukakan pendapat dan bereksperimen, salah satunya adalah metode pembelajaran demonstrasi. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran motivasi belajar peserta didik pada siklus I?, (2) Bagaimana gambaran kemajuan motivasi belajar peserta didik pada siklus II?, (3) bagaimana perbandingan motivasi belajar peserta didik pada siklus I dan II? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 382 Singkuang?. Materi Indra dan Pemeliharaannya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan materi yang diajarkan di kelas IV Sekolah Dasar (SD) dengan menggunakan metode demonstrasi. Motivasi belajar peserta didik terhadap materi indra dan pemeliharaannya dapat meningkat pada penelitian ini dengan menggunakan metode demonstrasi. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan setiap siklusnya, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 382 Singkuang sebanyak 20 peserta didik. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi peserta didik dan guru. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 382 Singkuang mulanya masih rendah. Namun dengan adanya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menjadikan motivasi peserta didik dalam proses pembelajaran semakin meningkat pada setiap siklus yaitu pada siklus I dengan persentase 75% dengan 15 orang peserta didik yang memiliki motivasi dalam proses pembelajaran sedangkan pada siklus II dengan persentase 90% dengan 18 orang peserta didik yang memiliki motivasi dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si. dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I
Keywords: Motivasi belajar; Peserta didik; Metode demonstrasi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 20 Jun 2022 03:48
Last Modified: 23 Nov 2022 03:36
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7749

Actions (login required)

View Item View Item