Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peran guru dalam menciptakan pembelajaran efektif pada pembelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 200508 Sihitang Kota Padangsidimpuan

Tanjung, Desy Romaito (2022) Peran guru dalam menciptakan pembelajaran efektif pada pembelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 200508 Sihitang Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720500052.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah peran guru dalam menciptakan pembelajaran efektif pada pembelajaran IPA di SD Negeri 200508 Sihitang Kota Padangsidimpuan masih perlu untuk ditingkatkan, dikarenakan guru masih mengalami beberapa kendala yang dihadapi di dalam kelas sehingga hal ini megakibatkan proses pembelajaran masih kurang efektif. Namun guru tentunya memiliki solusi untuk memecahkan masalah ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru dalam menciptakan pembelajaran efektif pada pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 200508 Sihitang Kota Padangsidimpuan dan bagaimana solusi untuk mengatasi kendala yang dialami oleh guru dalam menciptakan pembelajaran efektif pada pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 200508 Sihitang Kota Padangsidimpuan. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitan studi kasus (case study). Metode penelitian kualitatif yang digunakan ialah metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian dapat diperoleh dari data primer. Untuk menjamin keabsahan data maka penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru kelas V SD Negeri 200508 Sihitang Kota Padangsidimpuan sudah menjalankan perannya sebagai mediator, fasilitator, demonstrator, dan pengelola kelas namun masih perlu untuk dikembangkan agar lebih optimal dimana guru masih kesulitan untuk menciptakan media pembelajaran berbasis teknologi, fasilitas yang kurang mendukung, menjelaskan materi yang terkadang monoton, dan ruang kelas yang tidak kondusif. Namun peran guru tentulah berfungsi untuk menyelesaiakn permasalahan ini, guru tentunya akan memberikan solusi untuk memecahkan masalah ini baik itu dengan cara berdiskusi dengan guru lain, ataupun mencari alternatif solusi yang dapat dilakukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si. dan Syafrilianto, M.Pd.
Keywords: Peran guru; Solusi untuk mengatasi kendala peran guru
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 20 Jun 2022 02:53
Last Modified: 23 Nov 2022 03:34
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7746

Actions (login required)

View Item View Item