Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi pecahan untuk Siswa Kelas V SD Negeri 0609 Paringgonan Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas

Rangkuti, Raynaldi (2022) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi pecahan untuk Siswa Kelas V SD Negeri 0609 Paringgonan Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720500056.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar Belakang dari penelitian ini, dari temuan awal ditemukan bahwasanya masih banyak siswa kelas V yang mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi pecahan termasuk dalam menyelesaikan operasi hitung pecahan seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Analisis yang dilakukan pada penelitian ini adalah penyilidikan terhadap siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika,dengan tujuan 1) Untuk mengetahui kesalahan apa saja yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi pecahan., dan 2) Untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi pecahan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V (lima) yang berjumlah 18 siswa. Subjek untuk wawancara 4 siswa dari 18 siswa kelas V (lima), dengan Kriteria siswa yang mengalami kesalahan. Setiap subjek diwawancarai terhadap hasil pengerjaannya. Hasil dari penelitian yang dilakukan pada penelitian ini yaitu : kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan dalam penulisan jawaban. Adapun penyebab kesalahan membaca yakni disebabkan karena siswa tidak mengetahui/memahami konsep pada materi pecahan, kesalahan memahami masalah yaitu yang disebabkan karena siswa belum mengetahui informasi pada soal, Kesalahan transformasi, yang disebakan karena siswa tidak mampu mengubah informasi yang ada pada soal, Kesalahan keterampilan Proses, yang disebabkan karena siswa tidak mengetahui prosedur yang digunakan dalam melakukan operasi hitung secara akurat, dan Kesalahan dalam menuliskan kesimpulan. Disebabkan karena siswa belum paham dalam menyimpulkan jawaban kedalam bentuk matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd. dan Dr. Almira Amir, M.Si.
Keywords: Analisis kesalahan; Soal cerita matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 20 Jun 2022 02:24
Last Modified: 23 Nov 2022 03:33
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7744

Actions (login required)

View Item View Item