Simamora, Hema Putri (2022) Penerapan metode bercerita dalam meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas V SDN No 100116 Sigumuru Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720500076.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas. Hal ini karena proses pembelajaran yang monoton, tidak melibatkan siswa dalam pembelajaran, kurangnya perhatian siswa, tidak memberikan motivasi kepada siswa sehingga pembelajaran yang dilaksanakan tidak menarik, dan penggunaan metode pembelajaran yang kurang bervariasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas V melalui metode bercerita di SDN No. 100116 Sigumuru Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Sedangkan tujuan penelitiannya yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas V melalui metode bercerita di SDN No. 100116 Sigumuru Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan dua siklus dan setiap siklus 2 kali pertemuan. Satu siklus terdiri atas perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN No. 100116 Sigumuru, tahun ajaran 2021 yang terdiri dari 20 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bercerita dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas V SDN No. 100116 Sigumuru Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Hal ini dibuktikan dengan pada tes awal presentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 30% (6 siswa) yang tuntas dan 70% (14 siswa) yang tidak tuntas. Siklus I pertemuan 1 presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 35% (7 siswa) tuntas dan 65% (13 siswa) tidak tuntas. Pada siklus I pertemuan 2 presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 45% (9 siswa) yang tuntas dan 55% (11 siswa) yang tidak tuntas, terdapat selisih peningkatan 10%. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 55% (11 siswa) yang tuntas dan 45% (9 siswa) yang tidak tuntas. Pada siklus II pertemuan 2 presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 80% (16 siswa) yang tuntas dan 20% (4 siswa) yang tidak tuntas. Dari siklus II, data yang diperoleh sudah mencapai nilai yang diharapkan dengan presentase paling tinggi yaitu 80%, maka penelitian ini dapat dihentikan dengan nilai yang memuaskan. Selisih peningkatan antara siklus I dengan siklus II adalah 35%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Erna Ikawati, M.Pd. dan Rahmadani Tanjung, M.Pd. |
Keywords: | Metode bercerita; Hasil belajar; IPS |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 20 Jun 2022 02:09 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 03:32 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7743 |
Actions (login required)
View Item |