Hsb, Emma Maya Sari (2022) Strategi komunikasi Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan akademik mahasiswa. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1730100013.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan akademik mahasiswa. Pergurua tinggi sebagai industri jasa harus memikirkan pentingnya pelayanan pelanggan secara lebih matang, karena pelayanan dan kenyamanan merupakan aspek vital dalam rangka bertahan dalam bisnis dan memenangkan persaingan, oleh karena itu perlu mengetahui strategi apa yang dilakukan oleh FDIK dalam meningkatkan kualitas pelayanan akademik mahasiswa. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagimana kondisi pelayanan akademik di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, bagaimana strategi komunikasi Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan akademik, apa saja kendala yang dihadapi Fakultas. Teori yang digunakan adalah model komunikasi oleh D. Lasswell Untuk tercapainya tujuan strategi komunikasi maka segala sesuatunya harus dipertautkan dengan komponen-komponen yang merupakan jawaban terhadap pertanyaan yang dirumuskan, yaitu who says what in which channel to whom with what effect. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan sebenarnya di lapangan secara murni dan apa adanya. Sumber data primer yaitu Dekan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Wakil Dekan Bidang Akademik, Kasubbag Akademik, Ka.Prodi KPI, Ka.Prodi BKI, Ka.Prodi PMI, Ka.Prodi MD, dan sumber data sekunder yaitu 8 mahasiswa angkatan NIM 17. Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara tidak terstruktur, observasi, dokumen, dokumentasi dari lapangan dan foto wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan akademik sudah baik berjalan sesuai prosedur yang ada atau SOP, kemudian strategi yang dilakukan adalah dengan pendekatan persuasif dan edukatif yang bersifat kekeluargaan dan transparan terhadap mahasiswa, memberika edukasi jika ada hal yang tidak dimengerti oleh mahasiswa. Hambatan yang dihadapi kurangnya SDM khususnya dibidang SIAKAD juga server yang masih terus diperbaiki. Perlunya komunikasi yang terjalin harmonis antara mahasiswa dan petugas akademik juga sangat perlu agar tidak terjadi kesenjangan, petugas maupun staf harus bertugas secara profesional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Mohd Rafiq, S.Ag., MA. dan Fithri Choirunnisa Siregar, M.Psi. |
Keywords: | Strategi; Komunikasi; Pelayanan akademik |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 17 Jun 2022 02:04 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 03:27 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7736 |
Actions (login required)
View Item |