Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Determinan minat konsumen berbelanja di pasar pagi

Matondang, Devri Novita Sari (2021) Determinan minat konsumen berbelanja di pasar pagi. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1740200050.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Pasar pagi Pidoli Lombang merupakan salah satu bentuk pasar yang memanfaatkan wilayah pemukiman penduduk. Jumlah konsumen yang berbelanja di pasar pagi mengalami penurunan disebabkan harga dan lokasi pasar. Lokasi pasar yang jauh dari jangkauan konsumen mengakibatkan konsumen tidak tertarik untuk berkunjung. Harga yang tidak stabil disebabkan penurunan persentase pangsa pasar pada suatu produk sehingga pesaing mempertimbangkan dalam penetapan harga. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah harga dan lokasi berpengaruh terhadap minat konsumen berbelanja di pasar pagi Pidoli Lombang?, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga dan lokasi terhadap minat konsumen berbelanja di pasar pagi Pidoli Lombang. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan bidang manajemen pemasaran. Pendekatan yang dilakukan berdasarkan teori-teori yang berkaitan dengan minat konsumen, harga dan lokasi. Harga dalalm pandangan islam terdapat pada Al-Qur’an surah An-Nisa ayat 29. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 69 sampel. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, angket/kuisioner dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan menggunakan SPSS versi 24. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, uji deskriptif, uji multikolinearitas, uji heterokkedastisitas, uji hipotesis (uji T dan uji F). Hasil analisis dalam penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel harga tidak mempunyai pengaruh terhadap minat konsumen dengan nilai thitung < ttabel (1,342 < 1,668). Hasil pengukuran secara parsial variabel lokasi mempunyai pengaruh terhadap minat konsumen dengan nilai thitung > ttabel (1,904 > 1,668). Hasil uji Secara simultan harga dan lokasi menunjukkan bahwa harga dan lokasi secara simultan berpengaruh terhadap minat konsumen berbelanja di pasar pagi dengan nilai Fhitung lebih besar dari nilai Ftabel (2,744 > 2,38).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Windari,S.E., M.A. dan Arti Damisa, M.E.I.
Keywords: Harga; Lokasi; Minat
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150504 Marketing Measurement
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 10 Jun 2022 09:59
Last Modified: 23 Nov 2022 02:25
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7676

Actions (login required)

View Item View Item