Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Determinan kepuasan pasien di Puskesmas Hutaraja Tinggi Kabupaten Padang Lawas

Lubis, Nanda Hairani (2022) Determinan kepuasan pasien di Puskesmas Hutaraja Tinggi Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1740200310.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya ketidakpuasan pasien di Puskesmas Hutaraja Tinggi Kabupaten Padang Lawas. Puskesmas berupaya meningkatkan kualitas pelayanan dan disiplin kerja agar kepuasan pasien meningkat. Namun, pasien masih kurang puas dengan pelayanan di Puskesmas. Hal ini dapat dilihat dari pelayanan pegawai terhadap pasien yang berobat, dan kurangnya kedisiplinan waktu pada saat bekerja. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah kualitas pelayanan dan displin kerja berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Hutaraja Tinggi. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan disiplin kerja terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Hutaraja Tinggi Kabupaten Padang Lawas. Teori yang dilakukan adalah teori yang berkaitan dengan kualitas pelayanan, pengertian kualitas pelayanan, kualitas pelayanan dalam perseptif Islam, indikator kualitas pelayanan, faktor-faktor kualitas pelayanan. Disiplin kerja, pengertian disiplin kerja, indikator disiplin kerja, faktor-faktor disiplin kerja. Kepuasan pasien, pengertian kepuasan pasien, metode mengukur tingkat kepuasan pasien, konsep kepuasan dalam perseptif Islam, indikator kepuasan pasien, faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pasien. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengguankan sampel Incidental Sampling. Dimana sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi dengan jumlah sampel 99 responden. Kemudian dianalisis dengan bantuan SPSS versi 23 dengan teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Validitas, Ujia Reabilitas, Uji Deskriptf, Uji Normalitas, Uji Asumsi Klasik, Uji Regresi Linear Berganda, Uji Koefisien Determinasi R2, Uji Parsial (Uji t) dan Uji Koefisien Regresi, Uji Simultan (Uji F). Berdasarkan hasil penelitian pada variabel kualitas pelayanan secara parsial signifikan berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Variabel displin kerja secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Secara simultan variabel kualitas pelayanan dan displin kerja berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Hutaraja Tinggi Kabupaten Padang Lawas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Rodame Monitorir Napitupulu, M.M. dan Damri Batubara, S.H.I., M.A
Keywords: Kualitas pelayanan; Disiplin kerja; Kepuasan pasien
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140208 Health Economics
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services > 150402 Hospitality Management
11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1117 Public Health and Health Services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr. Aflah Indra Pulungan
Date Deposited: 08 Jun 2022 03:59
Last Modified: 09 Jun 2022 09:49
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7650

Actions (login required)

View Item View Item