Nasution, Nova Santi (2021) Upaya guru dalam mencapai mutu pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Ranto Baek, Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720100051.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang Penelitian ini adalah dilihat dari hasil nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) siswa belum sepenuhnya mencapai nilai KKM, Nilai KKM mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Ranto Baek Kabupaten Mandailing Natal adalah 75, sedangkan nilai beberapa siswa di SMP Negeri 1 Ranto Baek Kabupaten Mandailing Natal belum sepenuhnya mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan sekolah tersebut, Berdasarkan latar belakang di atas peneliti mengangkat judul untuk diteliti yaitu, “Upaya Guru dalam Mencapai Mutu Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Ranto Baek, Kabupaten Mandailing Natal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru dalam mencapai mutu Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri Ranto Baek, apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi oleh guru dalam mencapai mutu Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Ranto Baek Kabupaten Mandailing Natal. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Metode yang berusaha menggambarkan atau mendiskripsikan objek sesuai adanya. Penelitian deskriptif ini pada umumnya dilakukan untuk menggambarkan secara sistematis fakta objek atau subjek yang diteliti secara tepat. Penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan data yang terdiri atas observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam mencapai mutu Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Ranto Baek, Kabupaten Mandailing Natal adalah upaya guru terkait pembenahan kurikulum, peningkatan kualifikasi, kompetensi dan profesionalisme pengembangan profesi tenaga kependidikan, penetapan standar kelengkapan media dan metode, pelaksanaan program mencapai mutu berbasis sekolah, membuat program-program sesuai dengan kebutuhan siswa, penciptaan iklim dan suasana yang kompetitif dan koperatif. Faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru dalam mencapai mutu Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Ranto Baek Kabupaten Mandailing Natal adalah faktor pendukungnya yaitu: sarana dan prasarana pendidikan, pengelolaan sekolah dan evaluasi. Faktor penghambatnya yaitu: guru dalam menggunakan metode yang bervariasi masih sangat sulit membangkitkan motivasi siswa, pembagian jam belum merata pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, kurangnya kemauan siswa, faktor keluarga dan faktor kurangnya motivasi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd dan Latifa Annum Dalimunthe, S.Ag.M.Pd.I |
Keywords: | Mutu pembelajaran; Pendidikan agama Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 17 Feb 2022 02:23 |
Last Modified: | 17 Feb 2022 02:23 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7632 |
Actions (login required)
View Item |